Ngeblog Itu Sebuah Usaha Yang Bisa Menghasilkan

Saya seorang blogger. Paling tidak demikianlah saya memandang diri sendiri. Ada rasa bangga terbersit di dalam hati ketika memperkenalkan diri dengan sebutan itu. 

Padahal, dari banyak orang yang mendengar kegiatan baru yang saya lakukan sejak satu tahun lalu, hanya sebagian kecil saja yang mengerti dan memahami. Tidak jarang yang tertawa kecil saat diberitahu tentang hal tersebut.

Jelas sekali bahwa hingga saat ini, kegiatan tulis menulis di media yang ditemukan oleh Evan Williams tersebut masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

Walaupun demikian, sebagian dari mereka terdiam ketika saya menyebutkan bahwa sudah ada pemasukan, meskipun masih sangat sedikit, dari kegiatan ngeblog.

Rupanya kata "uang" memang ampuh memicu suatu tombol dalam pikiran banyak orang. Maklum.

Memang tidak ada orang yang tidak akan tertarik untuk mendapatkan pendapatan lebih. Sangat jarang ada manusia yang tidak memikirkan cara untuk mengeruk uang lebih banyak dari yang sudah mereka miliki saat ini.

Begitu pula saat kata uang dikaitkan dengan ngeblog. Terbayang bahwa otak secara otomatis bekerja untuk mempertimbangkan kemungkinan menemukan sebuah tambang baru untuk menambah isi dompet.

Sebuah pikiran yang sama yang timbul dalam benak saya sendiri beberapa waktu lalu.

-------
Kira-kira satu tahun yang lalu, pemikiran tersebut timbul ketika sedang berselancar di dunia maya untuk mencari kemungkinan alternatif meningkatkan kesejahteraan keluarga, beberapa tulisan terkait dengan ngeblog dan uang tertangkap oleh mata.

Beberapa kisah sukses dari para blogger yang sudah menikmati jerih payah mereka dalam dunia blogging memicu tombol yang sama di kepala. 

Hasilnya, sebuah blog baru lahir tidak lama kemudian. Disusul dengan beberapa lagi yang lain dari tangan seseorang yang melihat potensi adanya sumber untuk menghasilkan lembaran-lembaran dollar atau rupiah.

Itulah ide awal kegiatan blogging yang saya lakukan.

Apakah saya begitu yakin bahwa ngeblog bisa menjadi sumber penghasilan?

Tidak 100%. Bahkan mungkin pada awalnya hanya 20-30 persen saja. 

Mengapa langkah ini dicoba?

Ada banyak alasan. Hanya, yang paling utama adalah kegiatan ini bisa dimulai tanpa modal berupa uang.

Biasanya memulai sebuah usaha untuk menghasilkan uang memerlukan dana. Kebutuhan dana untuk ditanamkan dalam usaha inilah yang tidak mampu disediakan oleh gaji seorang karyawan. Kebutuhan sehari-hari sudah menyita hampir seluruh upah yang diterima.
O ya. Tentu saja berbagai ahli dalam pengaturan keuangan akan menganjurkan untuk membuat bdget ini dan itu. Pasti juga mereka akan menasihati untuk disiplin terhadap anggaran keuangan yang dibuat. Mereka pasti benar dengan teori mereka.

Sayangnya, seringkali memang realita berkata lain. Terlalu banyak variabel kehidupan yang membuat teori para ahli tersebut sering tidak mencerminkan realita. 

Hasilnya memang kebutuhan keluarga tercukupi tetapi tidak menyisakan sesuatu untuk menjadi langkah awal melakukan usaha.

Itulah yang membuat ngeblog untuk mencari penghasilan sangat menarik.

Kegiatan ngeblog saya dilakukan setelah menemukan bahwa terdapat media gratis yang bisa dipergunakan. 

Tentu saja, sudah diketahui pula bahwa ngeblog untuk menghasilkan uang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Akan butuh banyak kerja keras dan kreatifitas untuk sampai akhirnya ke tujuan awal, uang.

Hal ini sangat dipahami bahkan sebelum blog pertama lahir dari tangan saya.

------

Sekarang, setahun lebih sudah ngeblog saya lakukan.

Sudahkah ada hasilnya?

Kalau hasil berupa uang cash yang masuk ke dalam anggaran rumah tangga, jawabnya BELUM !

Belum sepeserpun yang diterima oleh istri di rumah.

Bahkan, sebenarnya sudah cukup banyak uang yang dikeluarkan untuk menunjang hobi baru saya, ngeblog.

Kalau waktu, jangan ditanyakan lagi. Sudah ratusan jam, bahkan ribuan dicurahkan untuk mengurus blog, baik berupa membuat tulisan, mengatur layout, melakukan promosi dan segala sesuatu yang berhubungan dengan ngeblog.

Apakah merasa sia-sia?

TIDAK. Justru tingkat keyakinan bahwa ini jalan yang tepat terus naik, 

Jangan tanyakan sudah mencapai berapa persen atau level berapa, tetapi tingkat keyakinan bahwa memang ngeblog bisa menjadi sumber penghasilan semakin meninggi.

Ada dua alasan 

1) satu blog yang dikelola sudah terdaftar sebagai Google Adsense Publisher. Tentang apa itu Google Adsense Publisher, akan saya jelaskan dalam tulisan terpisah di kemudian hari.

2) setelah hampir 6 bulan terdaftar, angka penghasilan yang diterima dari iklan yang terpasang sudah mendekati angka pay out alias angka minimum untuk menerima pembayaran. 
Itulah alasannya.

Memang betul sekali nilai nominal yang diterima masih sangat jauh sekali dari jumlah upah dari kantor setiap bulannya.

Meskipun demikian, saya melihatnya dari sisi yang lain. 

Usaha atau bisnis tulis menulis di blog tersebut "SUDAH MENGHASILKAN". Itu adalah hal yang penting dalam perjalanan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Bahkan sebuah usaha dagang sekalipun tidak akan bisa meraup untung dalam periode tertentu. Itulah pikiran yang ada. Tidak ada usaha yang langsung sukses dan memberikan keuntungan. Akan selalu ada waktu dimana yang modal yang dikeluarkan tidak menghasilkan sepeserpun bagi si penanam.

Nah, dengan sudah adanya tanda bahwa akan ada penghasilan menunjukkan arah ngeblog yang saya harapkan sudah terlihat.

Sudah jelas sekali angka tersebut masih harus terus diperjuangkan agar terus bertambah, bertambah dan bertambah. Sama seperti usaha lainnya, kerja keras masih akan diperlukan.

Hanya setidaknya melihat arah perkembangan seperti ini sangat membesarkan hati,

Mungkin, perasaan yang sama dirasakan seorang pemilik usaha kuliner melihat bahwa nama restorannya mulai dikenal dan keuntungan walau hanya sedikit sudah mulai mengalir. 

Setidaknya, dengan angka kecil dalam account Google Adsense saya, sudah menunjukkan langkah yang saya ambil dengan menjalani ngeblog tidak salah. 

Berbagai tulisan mengenai bahwa ngeblog itu bisa menghasilkan memang betul adanya. Kali ini, saya bisa mengatakan bukan karena membaca berbagai tulisan, tetapi berdasarkan dari pengalaman diri sendiri.

Sesuatu yang jelas menambah keyakinan untuk meneruskan jalan yang sudah ditempuh.

Satu bonus , cukup menyenangkan juga melihat wajah-wajah yang terdiam mendengar sebuah kegiatan yang masih banyak dianggap sebagai buang-buang waktu ternyata bisa menghasilkan sesuatu yang juga mereka inginkan. Sebuah tambahan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Itu saja sebagai tulisan pembuka dari Blog Umum.

Selamat malam. Selamat beristirahat.




Subscribe to receive free email updates: