Apakah Semakin Banyak Artikel Bisa Mendatangkan Pengunjung Ke Web/Blog? PEMBUKAAN

Seorang blogger terkenal, sukses, paling tidak begitulah kata banyak blogger lainnya, pernah mengatakan buatlah 1000 artikel dan pengunjung akan berdatangan. "Bapak" blogger Indonesia, Enda Nasution pun pernah berkata "Paksakan Dirimu Menulis. Pengunjung akan datang sendiri".

Sebuah pernyataan yang sangat optimis. Teramat sangat.

Padahal di dunia maya saat ini saja sudah ada lebih dari 500 juta website atau blog. Untuk mendatangkan pengunjung ke sebuah website merupakan hal yang sangat rumit dan sulit. Perlu melakukan berbagai trik dan tehnik untuk bisa mengundang pembaca datang ke sebuah blog atau website, Pertarungannya sangat sengit.

Meskipun demikian, sang blogger ternama tersebut berkata dengan penuh keyakinan. Hal yang sama diungkapkannya berulangkali dalam berbagai artikel yang dibuatnya. Juga, tentu saja, seseorang dengan titel "Pelopor dunia blogging Indonesia" tidak akan begitu saja mengatakan sesuatu tanpa dasar yang jelas.

Hanya, banyak sekali bantahan dan tentangan terhadap pandangan hal itu. Mayoritas para penggiat di blogosphere Indonesia memiliki pandangan yang berbeda 180 derajat. Kesemuanya berpandangan jumlah artikel tidaklah menentukan dan tidak berjalan paralel dengan pembaca yang datang.

Kesemuanya mengatakan bahwa menulis artikel yang "berkualitas" lebih memberikan dampak atau efek terhadap datangnya pengunjung ke sebuah website atau blog. Apalagi kalau ditambah dengan pemanfaatan berbagai tehnik Search Engine Optimization, pengunjung bisa jadi akan membludak.

Yang mana yang benar? Benarkah semakin banyak artikel bisa mendatangkan semakin banyak pengunjung? Ataukah kualitas artikel lah yang menjadi unsur penarik pembaca datang untuk membaca?

Sebuah hal yang patut dibuktikan.

Pengalaman pribadi menunjukkan kedua hal tersebut memiliki kesempatan yang sama. Blog utama yang saya kelola menggabungkan kedua unsur itu. Sebagian artikel diperlengkapi dengan tehnik SEO dan memang memberikan hasil yang lumayan.

Artikel-artikel tersebut menjadi pintu masuk mereka yang membutuhkan informasi. Tetapi disisi lain, ternyata tulisan yang dibuat bahkan tanpa memakai tehnik apapun, juga bisa menjadi pintu yang didatangi pembaca.

Mungkin kali ini harus dibuktikan dengan memakai blog ini. Blog ini karena memang untuk bersenang-senang tidak menggunakan berbagai trik yang berkaitan dengan SEO. Tidak juga dipromosikan, paling tidak hingga saat ini.

Sayangnya pada saat tulisan ini dibuat, baru ada 87 tulisan dan tentu belum bisa dikategorikan sebagai banyak.

Terlalu sedikit.

Sang blogger kawakan, yang seorang ibu rumah tangga, mengatakan paling tidak butuh 1000 artikel untuk bisa mendatangkan pengunjung.

Let's try.

Saya akan buat blog ini berisi setidaknya 1000 artikel. Isinya berbagai macam. Mulai dari hal-hal yang saya dapatkan via internet maupun dari kehidupan sehari-hari. Tidak ada niche tertentu disini meskipun karena kalau terlalu banyak, saya sendiri akan kesulitan, mungkin akan dibatasi pada hal-hal yang saya sukai, yaitu tentang manusia, budaya , sejarah dan fotografi.

Tidak ada batasan lain seperti jumlah kata per-artikel atau topik. Selebihnya bebas saja.

Bagaimana hasilnya? Belum bisa dikatakan saat ini. Kemungkinan besar akan bisa terlihat 3-6 bulan ke depan setelah tulisan ini. Itu adalah prediksi waktu yang saya perlukan untuk menghasilkan angka 1000 artikel.

Mudah-mudahan bisa terlihat perkembangan dan bukti mana pendapat yang cukup sahih.

Sampai bertemu lagi beberapa bulan ke depan. Saya coba melaporkan perkembangan sekaligus tindakan apa yang sudah dilakukan dalam mengelola blog ini. Tentu saja dalam salah satu tulisan di Blog Umum.

See you later guys!

Subscribe to receive free email updates: