Awal Bulan Puasa Pengunjung Sepi ? Jangan Khawatir. Semua Itu Normal Saja

Mungkin Anda mengalaminya? Sama seperti saya.

Beberapa hari di awal bulan suci Ramadhan alias bulan puasa, pengunjung atau pembaca yang datang ke website yang saya kelola menurun drastis. Kalau dihitung persentase, trafiknya anjlok hingga 40% dibandingkan hari biasa.

Kaget dan bingung?

Jangan! Tidak perlu terlalu panik dan bertanya kesana kemari mencari penyebab sekaligus solusinya. Sama sekali tidak perlu seperti itu.

Semua itu sesuatu yang normal. Sangat normal.

Coba lihat diri kita sendiri ketika bulan puasa dimulai. Mata susah melek. Badan terasa lemas. Semangat seperti melayang entah kemana.

Mau tidak mau, pada awal bulan puasa, hal tersebut akan dialami. Meskipun kita bergembira menyambut bulan penuh berkah itu, fisik kita tetap harus melalui proses adaptasi. Pola hidup kita juga berubah untuk menyesuaikan dengan pola bulan Ramadhan.

Kalau biasanya kita tidur selama 7-8 jam, mungkin saat berpuasa, kita hanya tidur 5-6 jam saja. Begitu juga kebiasaan makan, biasa 3 x sehari, sekarang hanya menjadi dua. Belum ditambah tidak minum selama lebih dari 12 jam.

Kesemua itu membutuhkan penyesuaian atau adaptasi. Tubuh kita belum menemukan ritme atau pola hidup yang baru.

Nah, otomatis dengan situasi yang demikian, beberapa hal yang kurang penting akan disingkirkan terlebih dahulu. Ditunda sampai ritme hidup yang baru ditemukan.

Nah, semua itu terjadi bukan pada Anda saja. Kalangan pembaca blog kita pun mengalami hal tersebut. Mereka sedang melakukan adaptasi di awal bulan puasa. Jadi kesempatan mereka untuk membuka website atau blog pun berkurang.

Selain itu fokus para pembaca mungkin agak berubah di masa ini. Tentu saja sholat Tarawih dan mengkhatamkan Qur'an lebih penting daripada sekedar membaca blog. Oleh karena itu, kedua hal ini harus mendapatkan prioritas lebih.

Oleh karena itu wajarlah kalau mereka menunda urusan baca membaca tulisan kita hingga waktu yang tepat. Hal inilah yang menyebabkan penurunan kunjungan pencarian ke web atau blog kita. Bukan sesuatu yang tidak terduga.

Apalagi kalau blog yang kita kelola berkaitan dengan wisata, penurunan akan terjadi karena orang akan menunda untuk berlibur selama bulan puasa. Kemungkinan besar akan terjadi peningkatan ketika menjelang akhir bulan puasa, ketika masyarakat Indonesia mulai merencanakan libur panjang Lebaran.

Tidak perlu khawatir atau panik menghadapi penurunan pengunjung di awal bulan puasa atau selama bulan puasa. Semua normal. Tidak ada yang perlu ditakutkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel