Berlatih Memotret Dengan Obyek Yang Ada Untuk Mengasah Kemampuan

Memotret juga butuh latihan. Seorang fotografer handal mendapatkan kemampuannya melalui perjalanan dan proses panjang belajar dan latihan yang terus menerus.

Bagaimana kebanyakan fotografer belajar? Bagaimana mereka bisa menemukan obyek yang indah sebagai target untuk berlatih?

Kebanyakan fotografer atau penggemar fotografi tidak selalu berburu hal-hal yang indah untuk berlatih. Tentu saja kadang hunting foto di lokasi-lokasi wisata pun dilakukan, tetapi tidak selalu dilakukan.

Kalau hal tersebut dilakukan, bisa jadi dompet akan teriak karena harus keluar biaya besar untuk berkunjung ke tempat wisata .

Sayangnya, tanpa berlatih yang kontinyu maka tidak akan ada skill. Jadi memotret pun butuh latihan keras untuk mencapai yang dimau.

Nah, untuk itu kebanyakan akan berlatih dengan apa yang ada di hadapan mata. Apa yang ada di kehidupan sehari-hari. Apa yang ditemukan dalam perjalanan ke kantor ataupun ke tempat beraktifitas.

Mereka memotret apa saja yang menurut mereka menarik. Bunga rumput di tepi jalan. Orang sedang nongkrong dan merokok. Delman yang lewat. Hingga semut yang sedang bertengger di atas kayu.

Dengan berlatih seperti ini, mereka akan bisa terus mengasah
  • Kejelian mata untuk menemukan obyek yang menarik
  • Kemampuan untuk memadukan antara background dengan obyek
  • Kerja otak untuk melahirkan ide-ide dan kreasi foto baru
  • Kemampuan jari untuk mengatur setting dalam memotret. Semakin cepat semakin baik
  • Kemampuan menilai situasi dan kondisi seperti cahaya matahari dimana obyek foto berada
Dan sebagainya.

Yang terpenting dari semua ini adalah bahwa ia akan tetap dapat terus berlatih mengasah dirinya sendiri. Kalau hanya menunggu kesempatan untuk berkunjung ke lokasi yang indah-indah, maka kemampuan itu akan tumpul karena tidak terasah.

Oleh karena itu, kebanyakan para penggemar fotografi akan membawa kamera kemana-mana. Tidak selalu kamera DSLR yang mahal, tidak jarang mereka menggunakan HP mereka untuk berlatih. Alat dan obyek apapun jadi, selama bisa dipergunakan untuk berlatih.

Bahkan, sering dilakukan tanpa kamera hanya untuk sekedar melatih pengamatan dan kejelian melihat obyek yang menarik.

Inti yang dipegang oleh para penghobi fotografi adalah orang di belakang kamera, bukan kamera dan bukan obyeknya. Untuk itulah mereka terus mengasah dirinya sendiri dengan berbagai cara, alat dan obyek.

Subscribe to receive free email updates: