Bunga Sakura, Si Cantik Dari Negeri Para Samurai

Berbicara tentang Jepang, bisa dikatakan sulit untuk tidak mengaitkannya dengan dua hal, Samurai dan Bunga Sakura.

Tentu saja juga dengan berbagai merk mobil ataupun barang elektronik. Tetapi, ciri khas yang dipakai oleh negeri ini adalah dua hal itu. Bahkan, di Indonesia, Jepang sering disebut sebagai Negeri Sakura.

Memang Bunga Sakura atau dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai cherry flower atau bunga cherry, merupakan ikon dari negara produsen mobil utama dunia tersebut.

Hampir di setiap penjuru negeri pohon sakura akan bisa ditemukan. Bahkan bukan hanya itu, logonya pun bisa ditemukan di mata uang logam dan bahkan baju tentara mereka. Sesuatu yang menunjukkan bahwa Bunga Sakura adalah bagian dari kehidupan orang-orangnya.

Ada sebuah tradisi dalam kalangan masyarakat Jepang yang berkaitan dengan bunga ini. Nama tradisinya adalah Hanami. Silakan baca di Hanami berpesta sambil memandang bunga sakura.

Jenis Bunga Sakura

Walaupun namanya sama, tetapi di Jepang terdapat kurang lebih 600 spesies Bunga Sakura. Spesies yang paling banyak ditemukan di negara tersebut adalah Someiyoshino. Jenis ini dikembangkan sejak zaman Meiji (dimulai abad 19) sehingga mereka sudah menyebar ke pelosok Jepang.

Ada metode pengkategorian Bunga Sakura menurut jumlah kelopak bunganya. Bunga dengan kelopak 5 lembar disebut Hitoe. Yang kelopaknya antara 5-10 dikenal dengan sebutan Hanyae dan yang di atas 10 lembar Yae.

Bunga Sakura juga umum dijadikan unsur tambahan bagi beberapa masakan Jepang. Setelah melalui proses tertentu, kelopak bunga ini dimakan bersama mochi khas Jepang. Juga, kelopak bunga dijadikan unsur tambahan pada acara pernikahan.

Bunga ini juga merupakan simbol dari kerapuhan dan keindahan yang berumur pendek. Yang terakhir berasal dari fakta bahwa umur bunga ini hanyalah satu minggu sebelum rontok. Sakura juga merupakan simbol dari "awal" atau "musim semi" di Jepang.

Pohon Sakura tertua bisa ditemukan di Prefektur Yamanashi . Usia pohon ini mencapai 2000 tahun

-------
Referensi :

17 Facts You Probably Don't Know About Sakura

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel