Donal Bebek, Si Pemarah Dan Penghibur Berusia Lebih Dari 1 Abad

Siapa tak kenal Donal Bebek? Anda pasti pernah melihatnya, entah dari komik ataupun dari film animasi karya Walt Disney.

Tokoh yang satu ini memang bukan tokoh nyata tetapi ketenarannya sendiri sangat mendunia. Hampir setiap orang, cukup akrab dengan si bebek pemarah ini.

Donal Bebek atau Donald Duck merupakan buah karya dari sang legendaris Walt Disney. Ia dilahirkan pada tanggal 13 Maret 1914, alias 112 tahun yang lalu. Kelahirannya tidak disengaja karena Walt Disney terinspirasi untuk melahirkan tokoh ini ketika sedang membuat film animasi lain berjudul Mary Had a Little Lamb.

Suara bebek dari seorang pengisi suara bernama Clarence mengilhami lahirnya si paman dari Kwik Kwek Kwak (Huey, Dewey, louie versi aslinya). Walt Disney menginginkan adanya satu tokoh antagonis dibandingkan Miki Tikus yang sangat kalem itu.

Maka lahirlah Donal Bebek.

Oleh karena idenya adalah seorang tokoh yang lebih bengal, maka si Bebek bertopi kelasi ini memang digambarkan dengan sifat yang berbeda dari Miki Tikus. Lebih ceroboh. Lebih Pemarah. Lebih bengal.

Donal Bebek digambarkan memiliki saudara kembar bernama Dumbella. Ia juga digambarkan mempunyai cinta sejati pada Desi Bebek. Meskipun demikian, Desi Bebek bukanlah cinta pertamanya. Cinta pertamanya ada pada Donna Bebek.

Ciri khas Donal Bebek, selain topi kelasinya yang selalu ada kemanapun ia pergi, ada pada suaranya. Suaranya mirip bebek dan apa yang diucapkannya hampir tidak bisa dimengerti artinya. Bahkan, temannya sang Miki Tikus pun pernah mengatakan bahwa ia tidak mengerti apa yang diucapkan.

Donal bebek pernah menjadi bintang dalam film propanda menentang Nazi Jerman saat Perang Dunia Ke-2dalam film berjudul Der Fuehrer's face. Dengan membintangi film ini, ia dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu pahlawan perang saat itu.

Siapa sangka bebek ceroboh dan bengal ini ternyata sudah menghibur dunia selama lebih dari 80 tahun? Dan tentunya, masih juga menghibur anak-anak masa sekarang dengan suaranya yang sulit dimengerti.

-------
Referensi



Subscribe to receive free email updates: