Hawaii , Pulau Sandwich Atau Pulau Dewa Atau Pulau Cinta

Siapa tak kenal Hawaii? Sebuah pulau indah yang berada di tengah Saudera Pasifik. Bahkan orang Indonesia di tahun 1970-1980-an mengenalnya lewat serial Hawaii Five-O.

Kepulauan Hawaii merupakan negara bagian paling muda dari United States Of America atau Amerika Serikat. ereka baru bergabung pada tahun 1959.

Hawaii sejak itu menjadi satu-satunya negara bagian dari Paman Sam yang berbentuk kepulauan dan terletak bukan di belahan Utara benua Amerika.

Hawaii terkenal dengan nama sebutan Aloha State. Kata Aloha sendiri merupakan keturunan dari kata Alofa dalam Proto Polynesia yang berarti Cinta, Nafsu dan kebaikan. Aloha dalam bahasa Hawaii bisa berarti dua, Hallo sekaligus Goodbye.

Kata Hawaii sendiri dalam bahasa yang sama berarti Tepat Dewa-Dewa.

Penjelajah asing pertama yang singgah di Hawaii adalah James Cook, orang yang sama yang menemukan Benua Australia. Cook tiba di tahun1778 dan sempat menamakan kepulauan Hawaii sebagai Sandwich Island atau Pulau Sandwich. Nama ini berkaitan dengan boss nya di tanah leluhurnya, Earl of Sandwich dan bukan karena Cook teringat makanan.

Ketika pertama kali mendarat James Cook pernah dijuluki Dewa Lono. Kapalnya pernah disangka sebagai pulau yang mengapung.

James Cook tewas setahun kemudian dalam pertempuran dengan penduduk asli Hawaii.

Pada tahun 1819 Raja Kamehameha mengubah nama Sandwich Island menjadi Kerajaan Hawaii. Ia merupakan raja pertama dari kerajaan ini. Hingga saat ini masyarakat Hawaii merayakan Hari Raja Kamehameha setiap tanggal 11 Juni. Hal yang sudah dilakukan sejak tahun 1872.

Salah satu tokoh terkenal yang lahir di Hawaii adalah Barack Obama yang menjadi Presiden Amerika Serikat ke-44



0 Response to "Hawaii , Pulau Sandwich Atau Pulau Dewa Atau Pulau Cinta"

Posting Komentar


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel