Hukum Unik : Memberi Makan Merpati Di Venesia Dikenakan Denda

Hukum Unik : Memberi Makan Merpati Di Venesia Dikenakan Denda

Memang unik hukum yang berlaku di Kota Venesia, Italia ini. Disana sejak tahun 2008 sebuah hukum mulai diberlakukan bahwa memberi makan merpati akan dikenakan denda sebesar 50 Euro.

Padahal tradisi memberi makan burung tersebut di Lapangan St Mark adalah tradisi yang sudah berlangsung berabad-abad. Alhasil banyak toko yang menjual makanan burung di sekitarnya terpaksa menutup usaha.

Sepertinya terkesan tidak berperi kebinatangan dan menyusahkan orang. Tetapi, hukum ini diberlakukan oleh pemerintah setempat karena setelah melakukan studi mendalam banyak hal negatif yang dihasilkan oleh keberadaan burung merpati tersebut.

Jumlah satwa tersebut membengkak dalam beberapa tahun terakhir sebelum peraturan diberlakukan. Satwa tersebut semakin tidak terkontrol.

Efek negatif terhadap lingkungan adalah kotoran mereka yang berceceran dimana-mana. Untuk membersihkannya dibutuhkan biaya yang ternyata cukup besar. Belum ditambah dengan kemungkinan sumber penyakit yang ada di kotoran burung tersebut dan juga burung-burungnya.

Berbagai usaha pencegahan dan pengurangan jumlah burung dilakukan tetapi tanpa hasil . Burung-burung tersebut terus berkembang biak dan berdatangan karena wisatawan yang datang ke Venesia menjadikan pemberian makan burung merpati sebagai salah satu atraksi.

Hal itulah memaksa pemerintah kota Venesia menerapkan larangan memberi makan merpati.

--------
Referensi : Venice to fine tourists who feed pigeons
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon