Hummingbird : Burung Terkecil Di Dunia Dengan Kepak Sayap Tercepat

Hummingbird : Burung Terkecil Di Dunia Dengan Kepak Sayap Tercepat

Pernah dengar namanya? Hummingbird? Kalau Anda seorang blogger atau adsenser, pasti sudah pernah paling tidak mendengar namanya. 

Nama burung ini dipakai sebagai salah satu algoritma mesin pencari Google. Algoritma yang sangt ditakuti karena bertugas mencari dan menendang artikel-artikel tidak berkualitas di dunia maya.

Tapi sebenarnya pemilik nama aslinya sendiri tidak lah menakutkan. Bahkan jauh dari kesan menyeramkan.

Nama tersebut diambil dari salah satu jenis burung yang ada di dunia, yaitu Burung Hummingbird. Ukuran makhluk ini sangat kecil antara 5-13 cm saja. Ukurannya tergantung spesiesnya karena Burung Hummingbird sendiri memiliki lebih dri 300 spesies yang berbeda. Yang paling kecil, Hummingbird Lebah berukuran hanya 5 cm saja.

Saking kecilnya, burung Hummingbird sering menjadi mangsa capung, laba-laba, kodok, belalang sembah. Mereka tidak jarang terjerat di sarang laba-laba dan tidak bisa melepaskan diri.


Hummingbird tidak makan cacing atau hewan lainnya (walau kadang mereka makan serangga). Ia lebih mirip kupu atau lebah karena makannnya nektar dari bunga-bunga. Mereka dapat terbang dan mengunjungi ratusan bunga dalam satu hari karena mereka harus makan 2 kali berat tubuhnya.

Untuk itu Hummingbird mengandalkan pada sayap kecilnya. Sayapnya dapat mengepak antara 12-90 kali setiap detik (setiap detik!). Bahkan pada saat kabur dari kejaran pemburu, seekor hummingbird dapat mengepakkan sayapnya hingga 200 kali dalam sedetik. Mirip dengan lebah atau nyamuk.

Pada saat mengepakkan sayap ini keluar bunyi seperti berdengung yang dalam bahasa Inggris di sebut "hum/humming". Dari situlah asal namanya, Hummingbird, Burung yang bergumam atau berdengung.

Burung ini juga unik karena ia mampu terbang mundur. Sesuatu yang tidak bisa dilakukan burung-burung lain.

Walaupun kecil, hummingbird termasuk burung yang bermigrasi dan ternyata tercatat mampu menempuh jarak lebih dari 3000 Kilometer. Sesuatu yang luar biasa mengingat betapa kecilnya ukuran badannya.


Beda sekali bukan dengan algoritma Google. Kalau yang satu menakutkan, kalau burung aslinya, justru sangat imut dan lucu.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon