Kata Siapa Blogwalking Itu Harus? Tentukan Yang Anda Mau! Tidak Perlu Ikut Teori!

Blogwalking adalah istilah keren untuk jalan-jalan antar blog. Intinya adalah silaturahmi antar blog.

Seorang pemilik blog bisa berkunjung ke blog lain dengan meninggalkan komentar pada blog yang dikunjunginya. Tentunya setelah membaca satu atau dua isi dalam blog tersebut.

Tujuannya bisa bermacam. Tetapi kebanyakan yang melakukannya biasanya untuk tujuan promosi, memperkenalkan blognya ke dunia luar.

Persisi seperti rumah baru, yang penghuninya memperkenalkan diri pada lingkungan sekitar dengan mendatangi rumah tetangga. Promosi.

Ada juga yang untuk mencari backlink alias link balik ke blognya. Backlink bisa diibaratkan "jejak" yang kalau ditelusuri, maka akan mebawa orang ke blog  si yang meninggalkan jejak.

Hasilnya memang diharapkan dengan blogwalking akan ada hasil berupa tambahan pengunjung ke blog kita.

Itulah pentingnya blogwalking. Kata yang meyakininya dan jutaan yang meyakininya. Sudah banyak tulisan yang menekankan bahkan 1/2 mendewakan pentingnya blogwalking bagi sebuah blog. Bisa dikata hampir di setiap ulasan tentang blog, saran untuk melakukan blogwalking tidak pernah lewat. Pasti ada.

Jadi memang harus kan?

Kata siapa? Untuk blog ini saya sama sekali tidak melakukan blogwalking. Saya tidak berkunjung ke blog manapun dengan memakai nama Blog Umum. Kalau untuk dua blog saya yang lain saya pernah melakukan blogwalking tersebut, meskipun sekarang sudah tidak sama sekali dilakukan.

Jadi bisa dikata, untuk semua blog yang saya kelola, blogwalking sudah tidak lagi dipakai.

Sepi dong blognya?

Kata siapa? Blog utama saya Lovely Bogor, tetap saja dikunjungi 2000-3000 orang setiap harinya. Blog ini dan blog satu lagi karena masih baru belum terlalu banyak.

Untuk Blog Umum saya tidak akan melakukan blogwalking. Justru saya akan membiarkannya tetap seperti ini. Ada yang datang syukur. Tidak pun tidak masalah. Tujuan saya menulis disini untuk mencari kegembiraan dan kebebasan dalam menulis.

Pelajaran dari blog utama saya adalah kalau membebani diri sendiri dengan target, maka hasilnya adalah tekanan. Disini saya ingin menghilangkan perasaan tertekan itu dengan tidak memiliki target sama sekali. Jadi saya bebas.

Dengan bebas itu pula, saya bisa keluar dari keharusan mengikuti teori dan juga melakukan blogwalking.

Jadi kalau ada yang mengatakan blogwalking harus dilakukan oleh blogger, saya akan bilang, tidak juga, Buktinya saya tidak melakukan itu.

0 Response to "Kata Siapa Blogwalking Itu Harus? Tentukan Yang Anda Mau! Tidak Perlu Ikut Teori!"

Posting Komentar


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel