Kepolisian Australia Pertama Kali Dibentuk Dari Para Narapidana Yang Berkelakuan Baik

Kepolisian Australia Pertama Kali Dibentuk Dari Para Narapidana Yang Berkelakuan Baik

Pernahkah kita membayangkan kalau narapidana berkeliaran untuk menjaga keamanan kota Anda? Tentu saja tidak terbayangkan hal seperti itu.

Seharusnya, napi atau narapidana ada di balik terali besi untuk mempertanggungjawabkan kejahatan yang dibuatnya.

Tetapi sejarah mencatat bahwa pertama kali pasukan polisi Australia terbentuk, anggotanya berasal dari para narapidana.

Gubernur New South Wales pertama, Laksamana Arthur Phillip tahun 1789 membentuk Pasukan Penjaga Malam di Sydney dengan cara memilih narapidana berkelakuan paling baik untuk menjadi anggotanya.

Mulanya tugas menjaga keamanan di wilayah koloni Inggris itu diserahkan kepada Pasukan Marinir dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris, tetapi para marinir merasa keberatan dengan penugasan tersebut. Oleh karena itu kemudian anggota tim Penjaga Malam dipilih dari para nrapidana.

Memang sebelum berkembang menjadi negara seperti sekarang, Benua Australia dijadikan sebagai tempat pembuangan para narapidana dari negerinya Ratu Elizabeth itu.

Laksamana Arthur Phillip memimpin rombongan perdana armada Inggris untuk mengirimkan orang-orang buangan tersebut ke Australia.

Sumber : Australian Police Force


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon