La Tomatina : Perang Tomat Ala Kota Bunol

La Tomatina : Perang Tomat Ala Kota Bunol

Tomat itu buah yang bergizi dan banyak mengandung vitamin. Rasanya juga enak, manis agak asam.

Tomat bisa dimakan begitu saja, tetapi bisa juga menjadi bahan campuran untuk berbagai macam sayur atau sambal.

Nah, kalau tomat dipakai untuk masak atau dimakan begitu saja, sudah pasti semua tahu. Tetapi ada satu fungsi tomat lainnya, yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Fungsi lainnya, yaitu DILEMPAR!

Benar dilempar. Di sebuah kota di Spanyol, Kota Bunol, ada sebuah festival tahunan yang diberi nama LA TOMATINA. Dalam festival ini semua peserta melakukan "Perang Tomat" dimana tomat dilempar kesana kemari ke sesama peserta.

La Tomatina adalah agenda tahunan yang diadakan setiap hari Rabu terakhir di bulan Agustus. Festival ini sudah diadakan sejak tahun 1945.

Entah darimana asal muasal festival saling lempar tomat ini. Ada yang bilang pada tahun 1945 ada ketidakpuasan warga terhadap pemimpin kota dan mereka melemparinya dengan tomat. Ada lagi yang mengatakan perang remaja antar kelas pada masa itu.

Yang mana yang benar, kurang tahu. Yang pasti, festival La Tomatina sekarang mengundang peserta bukan hanya dari dalam negeri Spanyol. Festival ini sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing.

Beberapa kota di dunia juga memiliki festival sejenis.

Bagaimana dengan Indonesia? Janganlah, sayang mubazir. Lebih baik berikan pada yang tidak mampu. Iya nggak kawan?
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon