Manfaat Tas Ransel Bagi Lingkungan (Tas Lainnya Juga Bisa)

O ya? Bagaimana bisa sebuah tas ransel bermanfaat bagi lingkungan?

Begini ceritanya, Kawan?

Tas ransel itu salah satu tas paling populer di dunia. Tidak tua , tidak muda biasanya paling tidak menggendong tas jenis ini.

Praktis. Bisa membawa banyak barang, mulai notes kecil sampai laptop. Kapasitas besar dan serba guna.

Hampir semua kalangan sekarang bisa menerima keberadaan tas ransel. Bahkan di kalangan pekerja. Sejak laptop menjadi salah satu keperluan standar para pekerja, membawa tas ransel ke dalam kantor sudah dianggap normal. Bahkan dipandang sebagai hal yang perlu karena membuat seoran pekerja menjadi mobile karena bisa membawa notebooknya kemana-mana.

Sayangnya, masih banyak yang tidak menyadari ada satu fungsi tas ransel yang sangat bermanfaat bagi lingkungan. Entah alasan apa yang menyebabkan fungsi yang satu ini seperti terlewat begitu saja. Fungsi tersebut adalah sebagai TEMPAT SAMPAH SEMENTARA.

Tentu saja tidak untuk dipakai oleh semua orang. Fungsi sebagai tempat sampah sementara hanya untuk yang punya atau orang-orang dekat saja.

Nah, pemakaiannya juga tidak kalah sederhana. Kalau sang pemilik tas ransel habis minum atau makan sesuatu, umpamanya permen atau coklat, lalu tidak ada tempat sampah di dekatnya, tas ransel ini bisa sangat berguna.

Plastik atau kertas bekas makanan atau minuman bisa dimasukkan ke dalam tas ransel. Biasanya tas ransel memiliki banyak kantong yang tidak dimanfaatkan. Masukkan saja ke salah satu kantong di bagian depan, sehingga ketika ada tempat sampah, plastik atau kertas pembungkus bekas makanan itu kita pindahkan ke dalam tong sampah.

Selesai. Sederhana saja.

Tas jenis lain juga sebenarnya bisa dipakai dengan cara yang sama.

Mengapa tulisan ini dibuat? Karena selama menjadi an-ker atau anak kereta, kadang saya hanya bisa geleng-geleng kepala saja. Banyak orang dengan tas segede kantong beras dan isinya terlihat kosong, dengan seenaknya membuang bungkus permen atau makanan lainnya ke lantai kereta atau peron stasiun.

Padahal selain sudah ada aturan dilarang membuang sampah, juga tas ranselnya menjadi tidak berguna sama sekali.

Jadi, tulisan ini dilahirkan siapa tahu para pemilik tas ransel yang seperti itu sedang lupa bahwa tasnya memiliki fungsi yang bisa berguna untuk lingkungan. Bisa dipastikan kalau semua orang melakukan ini, tidak akan ada sampah yang berceceran di peron stasiun atau di jalan-jalan.

Hal ini sudah jelas sangat membantu lingkungan kita agar tetap bersih.

Bukan begitu kawan?

Subscribe to receive free email updates: