Menikmati Kemudahan Template Premium Untuk Blog

Sebagai blogger, tentu template atau theme bukanlah hal yang asing. Ada yang gratisan, ada juga yang harus dibeli atau berbayar.

Nah, yang mana yang Anda pakai?

Kalau saya memilih untuk memakai template premium atau template yang harus dibeli.

Alasannya? Ah, rasanya tidak perlu dibeberkan dalam tulisan ini. Anda bisa menemukannya di berbagai artikel tentang blogging. Menulisnya lagi hanya seperti mengcopy saja apa yang sudah ditulis.

Saya hanya ingin mengatakan alasan utama memilih membeli template adalah karena KEMUDAHAN yang ditawarkan. Bukan berarti saya bilang tidak ada template gratisan yang memberikan fasilitas atau kemudahan yang sama. Sama sekali bukan.

Hanya, setelah mencoba entah beberapa template gratisan ternyata tidak ada yang bisa memenuhi ide yang diinginkan. Kalau tidak susah diatur, ya plug in atau komponen yang lainnya tidak tersedia. Belum lagi dalam hal pemasangan kode Adsense yang kadang ruwet.

Kebetulan saya juga seorang adsense publisher yang memonetisasi blog saya. Jadi perlu adanya fasilitas yang mempermudah untuk memasang iklan ini.

Ternyata dari berbagai template gratis yang dipergunakan, tidak ada satu pun yang cocok. Hingga akhirnya saya memutuskan membeli template premium atau berbayar.

Setelah melihat demo berbagai jenis template berbayar, pilihan jatuh pada hasil karya TagDiv. Silakan lihat di sini. Ada dua jenis template, yaitu NEWSMAG dan NEWSPAPER. Keduanya untuk Wordpress Self Hosted.

Sedangkan untuk blog ini, saya memakai juga template berbayar buatan Mas Sugeng.

Pertama saya memakai NEWSMAG, kemudian evomagz buatan mas Sugeng, dan yang terakhir NEWSPAPER.

Hasilnya? Terus terang saya sangat menyukai apa yang saya dapatkan untuk ketiga template berbayar tersebut.

Untuk kedua template wordpress berbayar tersebut, kemudahan yang saya inginkan bisa didapat  seperti

  • Design yang bersih
  • Lay out yang sederhana tetapi memukau
  • Design yang fleksibel dan bisa diubah sesuai dengan yang dimaui
  • Plug in pemasangan iklan yang terintegrasi dengan template. Tidak memerlukan plug in tambahan
  • Ada plug in terintegrasi untuk menghitung berapa kali sebuah artikel dibaca
  • SEO friendly
  • Fast Loading
Dan masih banyak lagi sebenarnya, tetapi yang utama disebutkan di atas. Kesemua itu saya dapat tanpa harus mengotak-atik kode sama sekali. Semuanya sudah tersedia dan tidak terlalu banyak lagi plug in yang harus ditambahkan.

Satu template NEWSMAG sudah sangat membantu membuat pengunjung datang ke blog saya yang pertama. Yang kedua, NEWSPAPER, belum bisa disebutkan hasilnya karena baru beberapa hari dibuat sebelum tulisan ini keluar.

Kalau untuk template evomagz karya mas Sugeng ini, cuma bisa bilang, sangat sesuai dengan yang saya bayangkan. Simple. Tidak banyak pernak pernik. Mudah diatur. Saya bisa terfokus menulis saja.

Harga yang harus dibayar

NEWSMAG - US$ 59.- (sekitar Rp. 780.000)
NEWSPAPER - US$ 59-

Harganya turun karena sebelumnya , tahun lalu, NEWSPAPER dibandrol US$ 69.-

Kalau untuk yang Evomagz, kalau tidak salah Rp. 80.000.- saja.

Mahal? Relatif. Tetapi karena saya sudah mendapatkan yang dimau dan berbagai kemudahan yang didapat, saya akan bilang murah.

Kemudahan yang diberikan membuat saya bisa fokus pada menulis. Tidak perlu harus mengotak atik kode untuk merubah sesuatu. 


Subscribe to receive free email updates: