Pagar Dingo : Pagar Terpanjang Di Dunia

Pagar Dingo
Pagar Dingo

Berapa pagar rumah Anda? 5 Meter? 10 Meter? Kalaupun rumah Anda sebesar lapangan sepakbola, maka pagar yang dibutuhkan paling panjang adalah 400 M saja.

Tetapi Australia memiliki sebuah pagar yang panjangnya mencapai 5,614 Kilometer. Pagar ini melintasi 3 negara bagian dari Kota Jimbour di Queensland hingga Semenanjung Eyre di Australia Selatan.

Nama pagar ini adalah Pagar Dingo atau dalam bahasa Inggris Dingo Fence.

Dingo - Anjing Liar
Dingo
Dingo adalah sejenis anjing liar yang banyak ditemukan di padang pasir negara benua tersebut. Spesies ini terkenal sebagai pemangsa hewan ternak seperti biri-biri atau sapi. Peternak sangat membenci kehadiran hewan yang katanya nenek moyangnya berasal dari Asia Selatan ini.

Pembangunan Pagar Dingo memang ditujukan untuk mencegah serangan hewan ini terhadap hewan-hewan ternak. Seperti sudah diketahui peternakan adalah salah satu mesin perekonomian utama di negara benua ini.

Pertama kali mulai dibangun tahun 1880 dan selesai 1885. Pagar ini seperti memisahkan 1/3 bagian Australia di sebelah selatan dengan bagian Utaranya. Hal ini karena populasi Dingo memang banyak sekali ditemukan di bagian Utaranya.

Nah itulah Pagar Dingo, pagar terpanjang di dunia. Pagar yang dibangun justru untuk mencegah si Dingo measuk dan merampok ternak.


Subscribe to receive free email updates: