Patung Liberty , Wanita Simbol Kebebasan Amerika Yang Berasal Dari Perancis



Semua negara punya patung atau tugu atau monumen yang merupakan simbol bagi sebuah negara atau bangsa.

Indonesia punya Monas. Perancis memiliki Menara Eiffel. Inggris punya Big Ben.

Bagaimana dengan Amerika Serikat?

Negara Paman Sam ini memiliki Patung Liberty. Patung wanita setinggi kurang lebih 93 Meter ini terletak di Pulau Liberty, New York.


Patung Liberty didirikan pada saat perayaan peringatan Deklarasi Kemerdekaan Amerika yang jatuh pada tanggal 4 Juli. Patung ini berdiri pada tahun 1886 atau 110 tahun setelah Amerika Serikat berdiri.

Postur Patung Liberty bila diukur mulai dasar tugu penunjangnya hingga ujung obor di tangan patung ini memiliki panjang 93 meter. Sementara, kalau hanya diukur patungnya saja tingginya kurang lebih 46 meter.

Sosok wanita yang menjadi figur dari patung ini adalah Libertas yang dalam mitologi Romawi kuno merupakan Dewi Kemerdekaan. Pada sosok Liberty ini, Libertas digambarkan menggenggam obor dan juga sebuah  piagam/plakat dimana tertera tanggal Kemerdekaan Amerika Serikat, 4 Juli 1776. Obornya sendiri, sama seperti Monas dilapisis emas 24 karat.

Selain itu, terdapat bagian berupa "rantai yang terputus". Sesuatu yang menggambarkan "Kemerdekaan" , lepas dari belenggu rantai penjajahan.

Patung Liberty bukanlah buatan Amerika Serikat. Seorang pematung asal Perancis bernama Frederic Bartholdi lah yang membuatnya. Patung ini dibangun di Perancis dan dikirimkan ke Amerika Serikat lewat laut dalam bentuk potongan. Potongan kepalanya sebelum dirakit pernah dipamerkan pada World's Fair tahun 1878.

Setelah berdiri patung ini ditahbiskan dengan nama resmi "Liberty Enlightening the World" (Kemerdekan/Liberty Menerangi Dunia).

Subscribe to receive free email updates: