Percayalah, Anda Tidak Akan Takut Pada Hiu Lentera Kerdil

Membayangkan berenang di lautan dengan sirip ikan hiu muncul di permukaan, bukanlah liburan yang akan diidamkn semua orang.

Ikan pemangsa ini terkenal ganas dan mampu mencium bau darah dari jarak yang sangat jauh. Sesuatu yang berguna baginya ketika sedang berburu. Tetapi, menjadi sesuatu yang menakutkan bagi para perenang di lautan.

Tetapi, mungkin ada satu jenis hiu, yang bila Anda bertemu dengannya, Anda justru tidak akan merasa takut. Malah, mungkin mereka yang takut pada Anda.

Namanya Dwarf Lantern Shark, atau dalam bahasa Indonesia, Hiu Lentera Kerdil.

Mengapa tidak perlu takut? Yah karena ukuran badannya hanya 6 inci saja alias 15 centimeter. Dwarf  Hiu Lentera Kerdil adalah spesies hiu yang paling kecil di dunia.

Spesies ini hanya ditemukan di sekitar laut Karibia, terutama di dekat pantai Amerika Selatan. Hidupnya berada di laut dalam pada kedalaman 280-430 meter.

Makhluk yang besarnya tidak sampai setelapak tangan ini juga bisa mengeluarkan cahaya. Tujuannya untuk menarik mangsanya agar mendekat. Oleh karena itu ia dijuluki Hiu Lentera Kerdil. Matanya juga lebar dan besar, sesuatu yang dibutuhkan untuk hidup pada laut dalam.

Tentu, kalau bertemu yang seperti Hiu Lentera Kerdil ini, jelas Anda tidak takut. Tetapi, kalau bertemu saudara dekatnya Hiu Putih, lebih baik segera berhenti berenang dan kabur.


Subscribe to receive free email updates: