Piramida Agung Giza : Memegang Rekor Bangunan Buatan Manusia Selama 3.800 Tahun


Piramida Agung Giza adalah nama sebuah piramid yang berada di dalam kompleks Piramida Giza. Di dalam kompleks ini terdapat 3 buah piramid yang merupakan makam dari 3 raja atau Firaun dari Dinasti ke-empat di Mesir. Nama-nama piramid selain Piramida Agung Giza adalah Piramida Khafre dan Piramida Menkaure.

Piramida Agung Giza merupakan tempat bersemayam jasad Firaun Khufu beserta permaisurinya. Dua piramida lain yang disebutkan diatas merupakan makam para penerusnya.

Dalam kompleks yang sama terdapat salah satu bangunan bersejarah yang tidak kalah tenarnya, yaitu SPHINX, yaitu patung Singa berkepala manusia (Firaun).

(Baca juga : Piramida Djoser - Piramida Tertua)

Piramida Agung Giza merupakan bangunan buatan manusia tertinggi selama kurang lebih 3800 tahun. Bangunan ini dibangun sekitar tahun 2560 Sebelum Masehi. Ketinggiannya pada awalnya mencapai 146.5 meter. Erosi dan pelapukan membuat ketinggiannya berkurang menjadi 138.8 meter secara total.

Meskipun demikian, tinggi bangunannya baru bisa dilewati setelah 38 abad dengan dibangunnya Katedral Lincoln di Inggris sekitar tahun 1311. Ketinggian katedral ini mencapai 160 meter.

Pembangunan Piramida Agung Giza memakan waktu diperkirakan antara 10 hingga 20 tahun. Lamanya waktu yang diperlukan mengingat tidak semua bahan pembuat piramida berasal dari daerah yang sama. Beberapa jenis bahan harus didatangkan bahkan dari daerah yang jauhnya 800 kilometer dari lokasi dimana bangunan ini sekarang berdiri.

Fakta Menarik dan Mencengangkan Tentang Piramida Agung Giza

  • Bangunan piramida terbentuk dari 2.3 juta balok batu berukuran besar
  • Volume bahan bangunannya mencapai 2.5 juta ton serta beratnya ditotal menjapai 5.9 juta ton
  • Bagian makam sang Firaun terbuat dari balok batu Granit seberat masing-masing 25-80 ton yang didatangkan dari Aswan, daerah yang berjarah 800 kilometer dari lokasi sekarang.

Nah, silakan bayangkan bagaiman membawa balok batu seberat 25-80 ton sejauh 800 kilometer. Jangan bayangkan kesemua itu dilakukan dengan bulldozer, traktor atau kapal uap. Pada masa itu belum ada peralatan modern seperti sekarang.

Sebuah hal yang menakjubkan. Tidak mengherankan Piramida Agung Giza masuk dalam 7 Keajaibn Dunia versi lama dan satu-satunya yng masih dalam keadaan utuh.

-------
Referensi : Great Pyramid of Giza

Subscribe to receive free email updates: