Sulitnya Mendapatkan Datanya : Penyu Laut Tidak Kembali Ke Pantai Sejak Menetas

Memang begitulah adanya. Para peneliti kesulitan berat untuk menghitung secara tepat berapa banyak populasi penyu laut di dunia.

Hewan yang termasuk salah satu yang keberadaannya terancam ini terus diburu untuk dikonsumsi di seluruh dunia. Oleh karena itu para pecinta lingkungan hidup berusaha terus mendapatkan data populasi penyu laut di seluruh dunia.

Sayangny, meskipun terlihat lamban dan mudah didekati, justru para peneliti menemukan kesulitan. Sulit untuk menghitungnya karena karakter si hewan tersebut.

Masalahnya, penyu laut, setelah menetas dari telurnya dan menjadi tukik, mereka tidak pernah kembali ke pantai. Biasanya mereka berkeliaran di dalam laut dan jarang muncul ke permukaan.

Hanya penyu laut betina yang pada akhirnya harus kembali ke pantai dimana ia dilahirkan. Itupun kalau sudah tiba masanya untuk bertelur. Pada masa itu penyu betina akn kembali menuju pantai dimana ia menetas untuk menanamkan telur mereka di sepanjang pantai.

Setelah itu mereka akan kembali lagi ke laut sampai tiba masa bertelur berikutnya.

Itulah mengapa para peneliti mengalami kesulitan untuk menghitungnya. Karena mereka selalu berada di dalam laut dan susah untuk dilacak.

Subscribe to receive free email updates: