Sungai Amazon  Sungai Terpanjang Nomor Dua Di Dunia

Sungai Amazon Sungai Terpanjang Nomor Dua Di Dunia

Sungai Amazon adalah sungai terpanjang kedua di dunia. Panjanganya mencapai kurang lebih 6.400 Kilometer dan hanya bisa dikalahkan oleh Sungai Nil di Afrika Utara yang memiliki panjang 6,650 Kilometer.

Panjangnya sungai ini membuatnya melintasi 7 negara di benua Amerika, yaitu Guyana, Ekuador, Brazil, Peru, Bolivia, Kolombia dan Venezuela. 

Di sepanjang aliran sungai ini terdapat hutan tropis terbesar di dunia yang memiliki luas 5.5 juta kilometer persegi . Luas yang sama dengan 17 kali wilayah Inggris dan Irlandia dijadikan satu.

Di kala musim hujan, sunga Amazon memiliki lebar yang sulit terbayangkan. Lebarnya dapat mencapai 196 kilometer alias hampir sama dengan jarak Jakarta - Bandung.

Sungai dan hutan Amazon ini merupakan tempat tinggal bagi ribuan spesies tanaman, hewan dan berbagai makhluk hidup lainnya. Tercatat beberapa nama yang sudah dikenal, seperti Ular Anaconda yang berukuran raksasa, Belut Listrik dan juga tidak terlupakan adalah si pemangsa Ikan Piranha dan keluarga Arapaima.

Apabila seseorang berusaha berenang menyusuri sungai ini, diperlukan waktu paling tidak 66 hari. Catatan ini didapat oleh seorang bernama Martin Strel yang dilakukannya pada tahun 2007. Setiap hari ia berenang selama 10 jam dan 66 hari adalah waktu yang diperlukannya untuk menempuh sungai Amazon dari ujung ke ujung yang lain..

Luar biasa sekali bukan?


-------

Referensi :



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon