Tembok Besar Cina : Panjangnya Dan Sejarahnya Melebihi Namanya Sendiri

Tembok Besar Tiongkok atau Cina adalah salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia.

Pernah kah Anda tahu nama lain dari bangunan ini? Bangunan ini juga memiliki nama Tembok 10.000 Li (Li itu ukuran Cina di masa lalu). Sepuluh Ribu Li sendiri kira-kira sama dengan 5.700 Kilometer.

Nah, berapa panjang Tembok Besar Cina itu sendiri? Secara resmi struktur bangunannya memiliki total panjang 8,850 Kilometer atau sekitar 5.500 Mil.

Bangunan ini terbentuk dari 6.600 Km tembok, 359 Kilometer parit dan sekitar 2,232 Kilometer rintangan alami, seperti sungai, gunung. Penelitian lanjutan tentang Tembok Besar Cina menemukan, bahwa bila percabangan pada tembok ini dihitung, maka total panjangnya mencapai 21,196 Kilometer.

Kalau dibandingkan, kira-kira dari Sabang - Merauke jaraknya +- 5.000 kilometer. Jadi panjang tembok ini sekitar 4 kali lipat panjang Indonesia.

Tembok Besar Cina juga memiliki sejarah panjang. Bagian pertama tembok raksasa ini dibangun pada abad ke 8 SEBELUM MASEHI dan pembangunan bagian terakhir pada abad ke 17 SESUDAH MASEHI.

Jadi pembangunanannya memakan waktu lebih dari 2,300 tahun dan dilakukan leh banyak dinasti kerajaan di negeri tersebut.

Sangat luar biasa.

Wajar kalau Tembok Raksasa Cina dimasukkan sebagai daftar 7 Keajaiban Dunia.


0 Response to "Tembok Besar Cina : Panjangnya Dan Sejarahnya Melebihi Namanya Sendiri"

Posting Komentar


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel