Trans Siberia , Jalur Kereta Terpanjang Di Dunia Penghubung Eropa Dan Asia

Trans Siberia , Jalur Kereta Terpanjang Di Dunia Penghubung Eropa Dan Asia

Trans Siberia adalah jalur kereta api terpanjang di dunia. Panjang jalurnya mencapai 9,289 kilometer.

Jalur kereta ini menghubungkan Moskow di sisi Eropa dan Vladivostok di sisi Asia (Laut Jepang). Jalan kereta apinya melintasi 7 wilayah waktu.

Trans Siberia dibangun mulai tahun 1891 hingga tahun 1916. Pembangunannya atas perintah langsung dari Tsar Alexander II.

Untuk menempuh perjalanan melalui Trans Siberia, maka dibutuhkan waktu lebih dari 152 jam. Waktu yang sangat lama karena artinya lebih dari 7 hari di atas kereta melalui wilayah Rusia dan Siberia yang terkenal dinginnya.

Bandingkan pula dengan waktu tempuh Jakarta - Surabaya yang 9-12 jam saja sudah membuat pinggang terasa pegal sekali. Apalagi harus 7 hari terus menerus di dalam kereta.

Trans Siberia mengalami perkembangan dengan dibukanya berbagai jalur lain dengan memanfaatkan jalurnya. Ada jalur Moskow-Pyangyang (Korea Utara) , ke Manchuria dan beberapa tempat lain di wilayah Asia.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon