Blog Gado-Gado Bukan Kesalahan


Membuat blog gado-gado itu kesalahan! Kalimat itu tertera pada sebuah artikel dari seorang blogger yang sudah menjalani perjalanan di dunia blogging selama beberapa tahun.

Dalam penuturannya yang lugas, keputusannya membangun sebuah blog yang berisi terlalu banyak topik ternyata tidak membuahkan hasil. Berdasarkan pengalamannya itulah, ia berpendapat bahwa blog gado-gado yang dimilikinya saat ini dianggap sebuah langkah yang salah. Ujungnya, ia memutuskan untuk membuat satu blog lagi dengan tema yang lebih spesifik, alias blog niche.

Pandangan yang banyak diamini oleh banyak blogger di Indonesia. Blog gado-gado tidak akan membawa Anda kepada kesuksesan.

Mungkin benar.

Saya bilang mungkin. Tidak terlalu banyak tersedia data berapa banyak blog niche yang sukses. Sama halnya dengan sedikit sekali informasi tentang blog gado-gado yang gagal.

Blog gado-gado bukan kesalahan

Sebaliknya, saya justru berpendapat bahwa blog gado-gado bukan kesalahan. Diukur dari sisi manapun, sama sekali tidak ada yang salah atau keliru untuk membangun sebuah blog berisi berbagai macam hal.

Hal yang mendasari pendapat itu adalah

1) Banyak blog gado-gado yang tetap punya nama dan menghasilkan


Sempat saya mencoba melihat peringkat Alexa blog dari blogger yang mengatakan blog gado-gado sebuah kesalahan itu. Mencengangkan.

Peringkatnya berada pada posisi 100 ribuan di dunia dan di bawah 10.000-an di Indonesia. Kecilnya peringkat yang diraihnya menunjukkan bahwa blog itu termasuk salah satu yang berhasil. Sulit sekali mencapai peringkat dengan angka sekecil itu, bahkan di Indonesia.

Belum lagi, pengalaman pribadi berkelana di dunia maya menunjukkan cukup banyak blog gado-gado yang memiliki penggemar. Sebut saja Agus Mulyadi, Indri Lidiawati, Gee John, Raditya Dika, Bena Blog. Kesemuanya bukanlah blog dengan topik spesifik alias blog niche..

2) Manusia adalah makhluk dengan beribu minat

Mungkinkah seorang manusia memiliki berbagai minat secara bersamaan? Kenyataannya, sangat mungkin. Seorang bisa mempunyai hobi membaca, mengumpulkan perangko, nonton bioskop, traveling sekaligus.

Manusia bukanlah makhluk yang hanya terdiri dan terbentuk dari satu hal saja. Kehidupan manusia pun tidak sama dengan robot yang kebanyakan hanya bisa menjalankan satu fungsi saja. Manusia memiliki kemampuan multi tasking alami.

Jadi, kalau seseorang merasa memiliki passion dalam berbagai hal, tidak seharusnya ia mengekangnya dengan hanya memilih salah satu diantaranya.

Padahal blogging adalah sebuah kegiatan yang berdasarkan pada passion. Kalau seseorang memiliki passion pada banyak hal, menghapuskan passion tersebut hanya seperti membuat manusia menjadi robot saja.

3) Banyak jalan menuju Roma

Pepatah yang sebenarnya bisa saja menjadi "Banyak jalan menuju Jakarta", "Banyak jalan menuju Semarang" dan lain sebagainya.

Selalu ada banyak jalan untuk mendapatkan uang, nama dan kesuksesan. Roma bisa dicapai melalui jalur darat, laut dan udara, atau kombinasi ke semuanya. Banyak sekali kemungkinan.

Begitu pula dalam meraih kesuksesan, baik secara materi atau finansial. Membuat blog niche adalah salah satu jalan, tidak berbeda dengan membuat blog gado-gado. Itu hanyalah bagian dari beribu kemungkinan jalan menuju kesuksesan.

Sejarah mencatat hal yang menunjukkan hal itu.

Menganggap bahwa untuk mendapatkan penghasilan, ketenaran dan sukses hanya bisa diraih dengan membuat sebuah blog niche justru merupakan kesalahan tersendiri. Hal itu mengabaikan bahwa dunia adalah penuh dengan kemungkinan.

Untuk mendapatkan penghasilan dari blog, bukan hanya memasang iklan Adsense saja jalannya. Masih banyak kemungkinan lain, dari mulai menulis review berbayar, memasang iklan RPM, memasang iklan mandiri dan banyak yang lainnya.

Tidak. Membuat blog gado-gado bukan kesalahan. Jauh dari hal itu. Kalaupun sang blogger menganggap hal itu adalah sebuah kesalahan, mungkin karena ia kecewa karena target yang dibuatnya tidak tercapai. Padahal bisa jadi target yang dibuatnya terlalu tinggi atau cara yang dipakainya tidak tepat sehingga ia tidak bisa memaksimalkannya.

Terlalu banyak kemungkinan dan variabel yang diabaikan. Padahal dengan melihat blog gado-gado miliknya sendiri, sudah ada sebuah kesuksesan yang diraihnya. Sesuatu yang bisa menjadi dasar untuk pengembangan tetapi mungkin tidak dilihat olehnya.

Jadi, saya berpandangan, bagi Anda yang mengelola blog gado-gado, jangan berkecil hati dan langsung menghentikan pengelolaan blog gado-gado Anda. Lanjutkan dan temukan jalan atau cara yang cocok sehingga blog itu bisa mendatangkan kesuksesan bagi Anda.

Jangan dengarkan pendapat "picik" bahwa membuat blog gado-gado adalah sebuah kesalahan. Jauh dari itu. Blog gado-gado bukan kesalahan. Pandanglah sebagai sebuah kesempatan yang harus Anda olah sebaik mungkin.

Carrefour, Hypermart, Indomart, Alfamart menjual berbagai jenis barang dan mereka tetap saja menjadi terkenal dan menghasilkan. Itu saja analogi paling sederhana.

0 Response to "Blog Gado-Gado Bukan Kesalahan"

Posting Komentar


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel