Tips Fotografi : Ambillah Foto Dari Berbagai Sudut

Tips Fotografi : Ambillah Foto Dari Berbagai Sudut

Foto Dari Berbagai Sudut - Berapa kali Anda mengambil foto sesuatu atau seseorang? Satu kali? Dua kali?

Biasanya, dan kebanyakan orang akan mengambil foto dari sesuatu yang dianggapnya menarik sebanyak satu kali saja. Posisi yang umum dipakai adalah sejajar dengan obyek atau subyek foto.

Pernahkah kita menyadari bahwa berapa banyak foto yang diambil oleh seorang fotografer profesional pada satu obyek? Jawabnya bisa lebih dari 10 foto per satu subyek. Bahkan banyak yang membuat 20-30 jepretan hanya untuk merekam satu target saja.

Mengapa demikian?

Bagaimana kalau kita melihat beberapa foto di bawah ini. (Foto Patung Optimus Prime di Eco Art Park Sentul, Bogor)


Nah, menurut Anda bagaimana kesan dari setiap foto?

BERBEDA!

Bukan masalah bagus atau tidak. Kata BAGUS atau JELEK akan tergantung pada selera masing-masing dan sifatnya relatif. Jadi bukan tentang itu.

Dengan mengambil foto dari berbagai sudut, maka ada beberapa hal yang bisa didapatkan, seperti

1) Pilihan foto akan menjadi semakin banyak


Dengan semakin banyak pilihan kita bisa memilih foto mana yang paling kita sukai. Paling kita anggap bagus. Paling berkesan.

Kalau kita hanya memotret satu kali dari satu sudut, maka hanya ada satu pilihan yang bisa diambil, alias tidak ada pilihan.

2) Setiap sudut akan menampilkan kesan yang berbeda



Begitulah faktanya. Seseorang atau sebuah obyek bisa memberikan kesan atau impresi yang berbeda kalau dilihat dari sudut yang berbeda.

Kalau dari bawah maka akan timbul kesan besar. Kalau dari atas memberikan impresi kecil. Dan masih banyak kesan yang bisa dihasilkan dari sudut pengambilan gambar yang berbeda.

3) Resiko gagal diperkecil


Kalau hanya memotret satu kali, maka kita tidak memiliki cadangan kalau ternyata foto yang diambil tidak bagus.

Tetapi, kalau kta mengambil foto beberapa kali dari sudut yang berlainan, kalau satu ternyata tidak memenuhi selera kita dan dianggap gagal, maka kita masih akan memiliki foto cadangan untuk ditampilkan.

4) Mendapat pengetahuan dan pengalaman baru


Dengan memotret dari berbagai sudut, kita menemukan hal-hal baru, seperti kalau menghadap cahaya maka hasilnya akan seperti siluet. Kalau membelakangi sumber cahaya, foto justru akan sangat jelas. Dan masih banyak lagi hal-hal baru yang bisa didapat.

Walau bukan hal yang fenomenal, tetapi tetap saja pengetahuan itu akan menambah khasanah di otak kita.

Itulah kira-kira hal yang kita akan dapatkan kalau mengambil potret dari berbagai sudut .

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon