7 Tips Melakukan Parasailing Yang Aman, Menyenangkan dan Tak Terlupakan

7 Tips Melakukan Parasailing Yang Aman, Menyenangkan dan Tak Terlupakan


Parasailing sebuah kegiatan rekreasi yang semakin banyak digemari oleh para pengunjung pantai manapun sebenarnya merupakan gabungan dari dua buah hal.

Yang pertama adalah Para, yang merupakan singkatan dari Parasut karena memang parasailing akan menggunakan parasut seperti yang dipergunakan dalam olahraga terjun payung.

Yang kedua adalah sailing, yang merupakan kata dari bahasa Inggris yang berarti berlayar.

Apa yang dilakukan dalam parasailing sendiri memang menceriminkan hal itu. Parasailing dilakukan dengan cara menarik seseorang yang mengenakan parasut dengan menggunakan speedboat dengan cara melawan arah angin. Dengan begitu maka, si parasut akan memiliki daya angkat yang akan mengangkat orang yang mengenakannya.

Antara orang yang mengenakan parasut dan speedboat sendiri dihubungkan dengan tali dan kait. Peserta harus mau berlari beberapa meter sebagai ancang-ancang sebelum angin mengembangkan parasut dan membawa sang parasut ke udara.

Meskipun terlihat mudah, tetapi parasailing butuh keberanian. Seorang yang takut ketinggian sebaiknya tidak ikut melakukan hal ini dan yang pasti tidak boleh takut pada air karena kebanyakan peserta parasailing akan tercebur ke laut sebagai cara pendaratannya.

Ada beberapa tips untuk memastikan bahwa berekreasi menggunakan parasailing tetap aman dan menyenangkan, dan kalau bisa tak terlupakan.



1. Ikuti petunjuk pemandu


Sebelum dilakukan, biasanya pemandu akan memberikan beberapa penjelasan mengenai cara mengendalikan parasut. Jadi, dengarkan baik-baik apa yang dijelaskan.

2. Jangan lupa menarik kendali


Parasut akan memiliki dua buah tali di kiri dan kanan untuk mengendalikan arahnya, jadi jangan lupa tentang hal ini.

3. Jangan lupa pakai Life Jacket (Jaket Pelampung)


Penting! Meskipun Anda bisa berenang, jangan abaikan kemungkinan terjun ke air beserta tali dan parasut. Hal itu bisa sangat merepotkan. Mengenakan life jacket bisa memastikan kepala kita berada di atas permukaan air dan kita tetap bernafas.

4. Perhatikan cuaca


Jangan pernah melakukan parasailing dalam keadaan cuaca buruk seperti hujan deras dan berangin. Hal tersebut akan menyulitkan pengendalian kapal dan parasut, jadi jangan memaksakan diri untuk ber-parasailing kalau terlihat cuaca tidak mendukung.

5. Jangan makan terlalu banyak sebelum terbang


Yap. Usahakan Anda makan secukupnya saja dan tidak berlebihan. Parasailing adalah sebuah kegiatan yang melawan gaya gravitasi dan hal itu tentu berpengaruh terhadap tubuh kita. Kalau kita makan terlalu kenyang, hal itu bisa mengakibatkan perut menjadi terasa tidak enak saat berada di atas dan kita bisa muntah karenanya.

6. Pastikan berat badan tidak berlebihan


Tetap ada batasan berat badan untuk melakukan parasailing. Biasanya batas berat badannya adalah 80 kilogram. Jadi, kalau berat Anda 100-150 kilogram, mungkin pertimbangkan kembali. Tidak lucu juga sudah memakai perlengkan tetapi tetap tidak bisa melayang dan hanya terseret saja.

7. Kalau mau selfie, pastikan smartphonenya anti air


Banyak yang bermain parasailing untuk menghasilkan foto yang indah dan keren (supaya mendapat banyak LIKE di FB atau Instagram). Memang tidak masalah dan diperkenankan, tetapi pastikan smartphone yang dipergunakan anti air laut.

Dengan kemungkinan tercebur ke dalam air asin tinggi, tentunya akan sia-sia membawa smartphone biasa yang tidak anti air. Tidak lucu juga sudah tidak dapat foto yang bagus malah harus keluar uang buat beli HP baru. Ngenes namanya.

Selama kita tidak lupa hal-hal sederhana seperti di atas, parasailing adalah kegiatan rekreasi yang aman dan menyenangkan. Patut dicoba jika memang ada operatornya di pantai yang Anda kunjungi.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon