Apa Saja Yang Bisa Dilihat di Layar Digital di Dalam Commuter Line selain informasi dan iklan?

Sudah tahu kan kalau di beberapa rangkaian Commuter Line, alias KRL Jabodetabek di bagian langit-langinya terdapat semacam layar digital.

Kalau belum, bentuknya seperti foto di bawah ini.


Belum di semua rangkaian terdapat layar digital ini, tetapi sepertinya ke depannya semua rangkaian CL akan memilikinya.

Banyak yang menduga bahwa layar digital ini sekedar untuk menyampaikan informasi dan tentu saja sarana untuk beriklan. Dua hal ini betul terjadi karena memang ada informasi, seperti tata cara naik Commuter Line dan juga iklan dari berbagai vendor.

Hanya saja, layar digital yang dikelola oleh pihak ke-3 , MacroAd Linikini ini ternyata juga memberikan hal yang lain, seperti :

Hiburan : Klik musik sampai cuplikan stand up comedy terkadang dihadirkan di layarnya. Bisa bantu mengurangi rasa pegal dan bete para penumpang yang berdesakan.

Pengetahuan : banyak versi tips dan trik atau bucket list berisi berbagai pengetahuan, mulai dari flora dan fauna, tempat menarik atau kejadian menarik di dunia juga tidak jarang tampil di layar. Mirip seperti baca blog, tetapi di versi TV.

Quiz : Sama seperti di televisi, layar digital ini juga mengajak penumpang untuk ikut terlibat. Baru-baru ini ada kompetisi quiz dimana pertanyaan diajukan melalui layar digital tersebut dan penumpang bisa menjawabnya melalui website atau smartphone mereka (setelah mendaftar). Ternyata lumayan banyak juga pesertanya

Inspirasi : Tidak menyangka juga kutipan-kutipan dari para sasatrawan atau filsuf terkenal dunia bisa tayang di tengah sesaknya penumpang. Walau terkadang leher rada pegal karena harus "nenggak" melihat layarnya, tetapi bisa membuat termotivasi.

Keren punya. Tidak pernah menyangka 28 tahun naik KRL bisa merasakan yang seperti ini.

Apalagi, layar digital di dalam Commuter Line ini sangat berjasa bagi saya. Ada satu informasi yang selalu ditunggu oleh saya (dan penumpang lainnya) selama satu bulan ini, bulan Ramadhan. Informasi itu adalah BEDUG MAGHRIB. Layar ini menayangkan adzan dan tidak mau kalah dengan TV nasional, juga melengkapinya dengan kultum.

Membantu sekali karena penumpang tidak perlu tengak-tengok karena ragu sudah waktunya berbuka puasa atau belum.

Subscribe to receive free email updates: