Apakah Sebuah Blog Bisa Menjadi Website Besar, Sukses dan Berpenghasilan Besar Pula?

Apakah Sebuah Blog Bisa Menjadi Website Besar, Sukses dan Berpenghasilan Besar Pula?


Mungkin saja, sudah banyak contohnya. Sebuah blog yang dikelola dengan baik bisa menjadi website besar, sukses dan berpenghasilan besar pula.

Ini bukan omong kosong dan hanya secara teoretis, tetapi sudah terbukti berhasil di Indonesia dan berbagai negara lainnya. Contohnya, Mashable, sebuah blog yang lahir dari seorang pemuda bernama Pete Cashmore di Skotlandia tahun 2005, sekarang menjadi sebuah website besar yang memberi penghasilan hampir US$ 600,000 perbulan kepada pembuatnya.

Lalu, ada lagi Linda Ikeji, seorang wanita asal Nigeria, blognya yang bernama sama dengan dirinya, memiliki jutaan penggemar dan memberikan penghasilan ratusan ribu dollar setiap bulannya. Penggemarnya begitu fanatik, ketika Google menutup blog miliknya, mereka melakukan protes kepada raksasa mesin pencari itu dan berhasil membuat penutupan dibatalkan.

Dari dalam negeri, pernah dengar nama Andrew Darwis, kalau belum mungkin pernah mendengar KASKUS? Kalau belum keterlaluan. Ini komunitas online terbesar di Indonesia dengan jutaan member. Pernahkah menyadari bahwa website besar ini dimulai sebagai sebuah blog dan forum dimana Andrew Darwis menulis artikel dan threadnya sendiri di atas sebuah website seharga 50 ribu rupiah saja?

Tidak ada yang tidak mungkin.

Selama sang blogger mau berusaha, tidak berhenti menulis, dan terus belajar, maka bukan tidak mungkin sebuah blog kecil di masa sekarang akan berubah menjadi raksasa yang bisa mengalirkan banyak uang kepada pemiliknya 5-10 tahun mendatang.

Ya, tidak ada yang mudah untuk melakukannya, tetapi itu bukanlah mission impossible. Itu juga yang menjadi impian saya sebagai blogger, ada harapan di hati bahwa suatu waktu, blog ini bisa mendatangkan penghasilan yang membuat saya hanya perlu bekerja dari rumah dan menulis saja (tidak perlu sebesar KASKUS).

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon