Barongsay Penyembur Api (Tapi Kecil..)

Kalau Liong (Naga) menyemburkan api, sudah biasa. Dalam berbagai mitos memang digambarkan Naga memiliki kemampuan melontarkan gumpalan api dari mulutnya.

Cuma, kalau Barongsay menyemburkan api? Rasanya kurang biasa. Jarang-jarang ada pertunjukan Barongsay mengeluarkan api dari mulutnya.

Tetapi, pada acara Cap Go Meh Bogor 2017 yang lalu, ada Barongsaya penyembur api. Walaupun semburannya kecil sekali, tetap saja ada api keluar dari mulutnya yang lebar.


Paling tidak sekarang sang Barong tidak lagi kalah dengan Liong dan sama-sama bisa mengeluarkan api dari mulutnya.

Cukup kreatif juga pemain Barongsay-nya yang mencoba memberikan sedikit tambahan inovasi supaya permainan barongsay-nya tidak monoton dan warga bisa tertarik melihat tariannya.

Setelah api, mungkinkah juga ada yang menyemburkan air? Rasanya sulit, kalau api merea memakai bahan bakar cair botolan yang disemprotkan pada sebuah suluh (obor). Kalau air rasanya repot

Membayangkan harus membawa selang atau botol besar berisi air kemana-mana. Kostum Barongsay sendiri sudah lumayan berat dan dimainkan oleh dua orang, kalau harus ditambah selang atau botol besar, bisa-bisa Barongsaynya idak bisa menari karena menjadi terlalu gemuk.

Nggak lucu kan?

0 Response to "Barongsay Penyembur Api (Tapi Kecil..)"

Posting Komentar


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel