Bayar? Tidak? Pergunakan Alat Pengukur Tinggi Badan di Stasiun

Bayar? Tidak? Pergunakan Alat Pengukur Tinggi Badan di Stasiun

Perlu bayar tiket atau tidak? Banyak sekali penumpang Commuter Line ragu apakah anak mereka perlu membayar tiket atau tidak. Terkadang hal itu menjadi perdebatan antara calon penumpang dan petugas dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi semuanya.

Nah, sejak pengelolaan KRL atau Kereta Rel Listrik diambil alih oleh PT KCJ, Kereta Commuter Jabodetabek, telah terjadi perbaikan dalam pelayanan. Berbagai hal yang sering menimbulkan keraguan bagi penumpang telah dijelaskan secara jelas dan gamblang, serta dibuatkan standarnya agar ada patokan yang bisa dipergunakan penumpang dan petugas.

Dalam hal menentukan wajib tidaknya seorang membeki tiket atau tidak, terutama anak-anak, batasan umur tidak lagi dipergunakan. Dulu, batasan usia tidak wajib tiket adalah 3 tahun, tetapi tentunya sulit untuk mengetahui apakah seorang anak sudah berumur tiga tahun atau belum. Maklum karena anak 3 tahun belum punya Kartu Tanda Penduduk.

Hasilnya, celah ini banyak dimanfaatkan oleh penumpang untuk meloloskan anak mereka supaya tidak membayar karcis. Ujungnya, terkadang perdebatan terjadi antara petugas dengan ibu dan bapak.

Pemecahannya untuk masalah ini adalah seperti di bawah ini

Istilah yang saya berikan adalah alat pengukur tinggi badan. Nama resminya saya tidak tahu, tetapi tidak akan jauh berbeda. Fungsinya ya memang untuk mengukur tinggi badan.

Batasan umur sebagai penentu wajib tidaknya seseorang membeli tiket Commiter Line diganti dengan batasan tinggi badan. Seorang anak dengan tinggi di bawah 90 centimeter akan mendapat dispensasi dan tidak wajib membeli tiket, walau kalau orangtuanya mau membelikan, ya tidak masalah. Tetapi, jika tingginya lebih dari itu, maka ia wajib membeli karcis.

Sesederhana itu saja.

Bagaimana dengan orang dewasa yang memiliki tinggi abnormal dan walau sudah lebih dewasa memiliki tinggi di bawah 90 cm? Tetap wajib membeli karena alat pengukur tinggi badan hanya dipergunakan bagi anak-anak saja. Orang dewasa tidak termasuk.

Jadi, dengan alat ini seharusnya tidak ada lagi keraguan mengenai harus atau tidak membeli tiket. Dan, perdebatan tidak perlu lagi ada tentang hal itu.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon