Hewan Ini Bukan Spesies Asli Indonesia Tetapi Sangat Disayang Dan Hanya Bisa Ditemukan Di Lokasi Khusus


Nama latinnya Axis Axis atau dikenal sebagai Rusa Totol. Nenek moyangnya memang bukan berasal dari Nusantara tetapi dari Asia Selatan. Habitat aslinya bisa ditemukan di India, Bangladesh, Nepal, Srilanka.

Rusa totol masuk ke Indonesia melalui tangan ketiga. Tergantung sejarah mana yang dipercayai, tangan itu bisa tangan orang Belanda atau Inggris.

Ada versi yang menyebutkan bahwa Daendels, yang terkenal dengan Jalan Anyer Panarukan adalah yang mengimpornya. Versi lainnya, adalah Raffles yang pernah menjadi Letnan Jenderal Hindia Belanda antara 1811-1816 lah yang membawanya ke Indonesia.

Hewan ini tidak bisa ditemukan di sembarang tempat, bahkan Kebun Binatang sekalipun. Hanya ada beberapa lokasi yang memiliki habitat Rusa Totol, yaitu yang paling besar adalah Istana Bogor dimana ia sangat disayang.

Hewan Ini Bukan Spesies Asli Indonesia Tetapi Sangat Disayang Dan Hanya Bisa Ditemukan Di Lokasi Khusus

Coba saja Anda mencoba mencurinya kalau tidak digetok sama PM penjaga istana, berarti hebat sekali. Juga, ratusan orang setiap Sabtu dan Minggu akan berebut memberi makan kepada mereka dengan biaya sendiri.

Lokasi lain dimana hewan ini bisa ditemukan adalah Taman Monas, Monumen Nasional dimana mendapat transferan rusa totol dari Istana Bogor. Meski sempat terdengar nasibnya berbeda dengan saudara mereka dan sempat mengalami kelaparan.

Subscribe to receive free email updates: