Kata Siapa Memotret Dengan HP Tidak Bisa Menhasilkan Foto Yang Bagus

Kalau ada yang mengatakan bahwa memotret dengan HP itu tidak akan bisa menghasilkan foto yang bagus, jangan hiraukan..Berarti orang itu sama sekali tidak tahu yang namanya fotografi.

Fotografi itu bukanlah hanya sekedar tentang kamera, alat yang digunakan untuk memotret. Fotografi lebih dari itu. Di dalamnya ada pengetahuan, kemampuan, kreatifitas dan banyak lagi hal lainnya.

Meskipun seseorang memiliki kamera berharga 50 juta sekalipun, tetapi jika ia tidak tahu cara menempatkan obyek dalam foto atau mengambil sudut pemotretan yang benar, maka hasil fotonya tidak akan pernah bagus.

Tidak percaya? Coba saja serahkan kamera DSLR yang Anda miliki pada anak-anak. Hasilnya, tidak akan bagus sama sekali, bahkan mungkin fotonya tidak akan pernah jadi.

Contohnya memang ekstrim, tetapi itulah fotografi bahwa kamera hanyalah alat untuk membuat foto dan tidak menentukan hasilnya.

Kalau masih tidak percaya, cobalah masukkan beberapa nama ini di mesin pencari Google. Robert Paul-Jansen, Jim Darling, atau Benedicte Guillon. Kemudian lihat sendiri hasil karya foto mereka. Pasti Anda akan terkesima melihat keindahan foto-foto tersebut.

Pasti itu.

Sebelum Anda menerka dengan kamera apa mereka memotret, saya beritahukan saja... iPhone. Ya, sebuah iPhone saja alias sebuah smartphone dan bukan kamera serius sekelas DSLR atau Mirrorless.

Mereka menunjukkan bahwa dengan kamera apapun mereka bisa berkarya dan berkreasi. Foto-foto mereka menunjukkan daya kreatifitas dan skill yang mumpuni.

Saya sendiri gemar memotret, baik dengan kamera DSLR ataupun dengan smartphone. Dan, memang, kadang bahkan hasil kamera DSLR yang lebih mahal tidak lebih bagus dari hasil sebuah HP. Kemungkinan besar hal itu dikarenakan saya tidak bisa menempatkan fokus dan obyek dengan cara yang benar.

Salah satu contoh dari hasil karya foto yang saya lakukan dengan HP (ASUS T00N), ada di awal artikel ini. Silakan nilai sendiri apakah hasilnya cukup bagus atau tidak, tetapi bagi saya, foto itu termasuk.. LUMAYAN. Tidak jelek dan pernah dipajang di salah satu komunitas dunia maya dan mendapatkan cukup banyak LIKE.

Jadi, jangan pernah ragu memotret dengan HP. Pelajari caranya dan kemudian kembangkan terus kemampuan memotretnya.

Subscribe to receive free email updates: