Menyenangkan Melihat Semakin Banyak Orang Sadar Kebersihan


Terus terang salah satu hal paling menyebalkan yang selalu terlihat dalam kehidupan sehari-hari adalah betapa kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap kebersihan lingkungan.

Membuang sampah seenaknya ke jalanan dan selokan, meskipun ada tong sampah tersedia, adalah sebuah keumuman. Belum terhitung mereka yang membuang puntung rokok atau pembungkus makanan seenaknya.


Oleh karena itu, melihat ada sekelompok pemuda berkeliling membawa kantung plastik hitam besar selama acara Cap Go Meh Bogor 2017 yang lalu terasa sekali menarik. Sebab, kantung hitam tersebut bukan berisi apa-apa, tetapi sampah yang mereka punguti di sepanjang jalan selama acara tersebut berlangsung.

Pada pemuda ini tidak segan berjongkok diantara kaki para penontong Festival Jalanan tersebut sekedar untuk mengambil gelas plastik bekas air mineral yang dibuah orang tak bertanggungjawan. Tidak terlihat ragu untuk memungut berbagai jenis sampah yang sudah kotor karena jalanan yang becek atau terinjak oleh kaki orang.

Kepedulian para pemuda, yang hampir bisa dipastikan bukanlah orang bayarn untuk melakukan semua hal itu membersitkan satu harapan bahwa suatu waktu Indonesia pun bisa menjadi seperti Singapura atau negara maju lainnya. Suatu waktu kedisiplinan dan kesadaran akan kebersihan lingkungan pun bisa hadir di dalam masyarakat negeri ini.

Mungkin tidak sekarang. Sulit sekali merubah kebiasaan yang sudah menahun dan sudah menjadi sebuah tabiat. Tetapi, kehadiran anak-anak muda ini setidaknya menghadirkan sebuah harapan bahwa di dalam generasi yang akan datang akan semakin banyak orang yang sadar kebersihan.

Semoga saja, apa yang dilakukan oleh mereka menggugah lebih banyak orang untuk terlibat. Semoga saja keberanian mereka untuk kotor tidak sia-sia dan lahir kepedulian lebih banyak orang lagi untuk membuang sampah di tempat yang seharusnya.

Semoga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel