Pergunakan Alat Pengukur Bagasi di Stasiun dan Pastikan Barang Yang Anda Bawa Memang Boleh Dibawa Dalam Kereta

Pergunakan Alat Pengukur Bagasi di Stasiun dan Pastikan Barang Yang Anda Bawa Memang Boleh Dibawa Dalam Kereta

Banyak sekali perdebatan terjadi antara penumpang dan petugas Commuter Line atau KRL (Kereta Rel Listrik) tentang boleh tidaknya barang atau bagasi dibawa masuk penumoang ke dalam kereta.

Hal itu disebabkan karena si CL adalah angkitan penumpang dan bukan angkutan barang. Dengan begitu kenyamanan penumpang akan menjadi prioritas utama. Masuknya barang berukuran besar tentunya selain menyita tempat, juga mengganggu penumpang lainnya.

Pengalaman saya selama lebih dari 25 tahun menggunakan transportasi publik ini memang begitu adanya. Keberadaan bagasi atau barang berukuran besar di dalam kereta sangat mengganggu. Apalagi yang membawa barang biasanya lebih menomorsatukan barang bawaannya dan sering tidak peduli penumpang lainnya.

(Pernah merasakan berada dalam kereta bersama kursi, lemari, keranjang buah, kodok, belut, ayam? Saya pernah di antara tahun 1989 hingga 2010-an sebelum KRL berubah menjadi Commuter Line)

Untuk memecahkan masalah yang sederhana tetapi memusingkan tersebut, PT KCJ atau Kereta Commuter Jabodetabek menemukan pemecahannya, sederhana tetapi efektif.

Cara ini bukanlah barang baru karena sudah diterapkan di banyak negara, seperti Hongkong atau Singapura yang perkeretaapiannya sudah lebih maju.

Mereka menempatkan alat pengukur bagasi di setiap stasiun. Bentuknya seperti ini.


Penumpang hanya perlu memasukkan barang bawaannya ke celah yang ada di alat pengukur bagasi tersebut. Jika barang bawaan muat, berarti aman untuk dibawa ke atas kereta. Sebaliknya jika tidak, maka seharusnya tidak bisa dibawa, tetapi bisa minta izin khusus kepada petugas.

Walaupun begitu, barang-barang yang berukuran sangat besar, seperti sepeda tetap tidak diperkenankan untuk dibawa penumpang ke dalam kereta.

Jadi, jika Anda ragu apakah bagasi atau barang yang Anda bawa diperbolehkan dibawa ke atas kereta, pergunakan saja alat pengukur bagasi ini.

Dengan begitu perasaan kita menjadi nyaman dan tenang karena apa yang kita bawa memang diizinkan dan tentunya tidak akan menjadi gangguan bagi penumpang lainnya.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon