Rangda , Si Ratu Leak Pemakan Anak Kecil dan Pemimpin Pasukan Nenek Sihir

Namanya Rangda, dan seperti dalam bahasa Sunda, artinya adalah janda. Dalam mitologi Bali, Rangda adalah representasi kejahatan. Ia digambarkan sebagai seorang Ratu Leak yang gemar memangsa anak-anak, selain itu ia juga merupakan pemimpin pasukan nenek sihir.

Asal mula keberadaannya, berdasarkan mitos yang beredar, Rangda berasal dari seorang ratu yang tinggal di Jawa pada abad ke-11. Ia karena iri melakukan perbuatan tercela dengan melakukan sihir kepada dua orang permaisuri.

Sebagai akibatnya ia diasingkan oleh sang raja.

Merasa dendam terhadap hukuman yang diterimanya, ia kemudian membalas dendam kepada raja dan kerajaannya dan kemudina membunuh setengah dari kerajaannya.

Rangda digambarkan memiliki rambut panjang dan acak-acakan, berkuku panjang, lidahnya sleau menjulur, mirip dengan kalong wewe (Jawa) karena juga memiliki payudara berukuran panjang.


Rangda, si janda pemakan anak kecil ini merupakan tokoh penting bagi tradisi di masyarakat Bali. Tentu saja karena tanpanya maka si Barong akan kehilangan lawan. Sebagai figur kejahatan Rangda akan selalu bertarung dengan Barong dan menghasilkan sendratari yang kemudian merupakan salah satu yang terpenting dalam kesenian Bali, Tari Barong.


Tari Barong merupakan sebuah atraksi yang bisa dikata wajib ditonton oleh siapapun yang berkunjung ke Pulau Dewata. Di dalamnya terkandung banyak sekali bagian kepercayaan dan tradisi yang ada di masyarakat pulau yang indah itu

Mudah sekali untuk menemukan pertunjukan Tari Barong di Bali, salah satunya di Desa Kesiman dimana Tari Barong dipadukan dengan Tari Keris, sebuah atraksi mirip debus.

0 Response to "Rangda , Si Ratu Leak Pemakan Anak Kecil dan Pemimpin Pasukan Nenek Sihir"

Posting Komentar


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel