Tips Menyeberang Rel Kereta


Sebenarnya, semua orang seharusnya sudah tidak perlu diajari lagi cara menyeberang rel kereta api. Lha, bahkan menyeberang jalan saja sudah diajarkan sejak Taman Kanak-Kanak, apalagi yang satu ini.

Hanya sayangnya, melihat berita-berita di media massa, sepertinya banyak yang lupa bahwa rel kereta itu bisa menjadi sebuah alat pencabut nyawa yang sangat berbahaya. Bukan kereta yang salah, karena mereka selalu berjalan di atas jalurnya dan tidak pernah keluar dari sana. Yang salah sudah pasti yang melintasi jalur mereka.

Kereta tidak mungkin berhenti mendadak seperti mobil atau motor. Hal itu bisa menimbulkan korban yang banyak dan bahkan kereta bisa terguling. Butuh waktu dan jarak tertentu sampai rangkaian kereta bisa berhenti.

Jadi, yang harus berhati-hati adalah mereka yang hendak menyeberang rel kereta supaya tidak timbul kecelakaan. Ingat lho korban kecelakaan di perlintasan kereta hampir tidak ada yang selamat mengingat rangkaian kereta beratnya mencapai puluhan ton.

Jadi, lakukan saja tips sederhana ini supaya bisa menyeberang rel kereta dengan selamat.

  1. Jangan menyeberang sambil memakai earphone, kebanyakan kecelakaan yang terjadi disebabkan perhatian teralih dan yang melintas tidak mendengar suara klakson kereta atau peringatan yang diberikan warga sekitar
  2. Jika pintu perlintasan sudah ditutup, tunggu sampai terbuka lagi. Jangan menerobos karena sudah terlalu banyak contoh akibat yang dihasilkan karena kelalaian pengemudi yang memaksakan menerobos palang kereta yang sudah tertutup
  3. Tengok kiri dan kanan,. Pelajaran sejak masa kanak-kanan ini perlu kembali diingat. Apalagi jalur kereta di Indonesia sekarang sudah ganda, jadi bisa saja dua kereta datang dari arah yang berlawanan
  4. Jangan bercanda di atas rel kereta. Hal ini bisa menyebabkan perhatian teralih pada saat kereta mendekat.
  5. Jika menggunakan kendaraan dan kemudian mogok di atas rel kereta, langsung turun dari kendaraan dan segera dorong kendaraan ke tempat yang aman dan barulah coba nyalakan lagi. Jangan buang waktu untuk mencoba menyalakan di atas rel kereta.
Sederhana kan. Memang, tetapi hal-hal inilah yang kerap diabaikan para penyeberang rel kereta dan hasilnya adalah kecelakaan fatal.

Jadi, kawan pembaca, sellau berhati-hatilah saat menyeberang rel kereta, baik dengan berjalan kaki atau berkendara.

Beberapa detik bisa menjadi sangat vital dan berakibat fatal.

0 Response to "Tips Menyeberang Rel Kereta"

Posting Komentar


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel