Walau Tampangnya Menyeramkan, Figur Barong Itu Perlambang Kebaikan

Walau Tampangnya Menyeramkan, Figur Barong Itu Perlambang Kebaikan


Maklum sih kalau Anda kabur kalau melihat figur Barong Bali seperti yang ada di atas kalau di malam hari. Siapa yang tidak merinding melihat penampilannya yang menyeramkan.

Tetapi, meskipun bikin gemetar orang (kalau bertemu di tempat gelap dan sepi seperti kuburan), ternyata Barong adalah figur yang justru melambangkan kebaikan. Setidaknya itu yang tertulis dalam naskah cerita pertunjukkan Tari Barong di Desa Kesiman, Bali.

Musuhnya dalam sendratari itu adalah figur Rangda, yang digambarkan sebagai bos-nya Leak (RatuLeak) yang gemar memangsa anak-anak.

Bahkan dalam kehidupan masyarakat Bali, figur Barong sering diarak sebagai lambang tolak bala agar sebuah tempat atau desa terhindar dari bencana.

Jadi, meski menyeramkan, bagi kita, figur Barong bukanlah perlambang kejahatan atau sesuatu yang buruk. Sebaliknya, figur yang memiliki banyak versi ini adalah perwakilan dari segala sesuatu yang baik.

Walau tetap saja, kalau bertemu dengan sosok ini di tengah kuburan, saya akan tetap memilih untuk lari dibandingkan mengajaknya ngobrol.

Bagaimana dengan Anda?

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar


Silakan berkomentar yang sopan dan jangan meninggalkan link aktif karena akan langsung dikategorikan sebagai spam dan didelete.

Mohon maaf kalau terkadang admin tidak ada balasan dari admin karena terkadang ada komentar yang dirasa hanya pernyataan dan tidak perlu direspon