Darimana Ya Asalnya Nama Bunga Kamboja, Yang Jelas Bukan Dari Kamboja


Bingung dan bikin penasaran. Ingin tahu asal muasal disematkannya nama bunga Kamboja, bunga yang fotonya ada di paling atas tulisan ini. Kenapa nama negeri Pangeran Norodom Sihanouk bisa ditempelkan pada bunga ini?

Padahal menurut cerita asal muasalnya, bunga ini dikenal sebagai Plumeria. Habitat aslinya bukan berada di Asia, melainkan di kawasan Amerika Tengah, seperti Mexico, Karibia, dan bahkan sampai Brazil. Pastinya bukan berasal dari kawasan ASEAN.

Lalu, mengapa dikaitkan dengan negara tersebut? Apakah karena di Indonesia, pohon Kamboja biasa ditanam di kawasan pemakaman, lalu disangkutpautkan dengan pembantaian massal yang pernah dilakukan oleh Khmer Merah di Kamboja?

Memang sih ada yang menyebutnya dengan nama lain, walau bunyinya berdekatan, yaitu Semboja. Tetapi, kebanyakan orang Indonesia lebih suka menyebutnya dengan Kamboja.

Apakah karena bunganya, yang kebanyakan berwarna putih atau pink? Rasanya tidak juga karena sama sekali tidak ada kaitannya dengan kata Kamboja, walaupun kalau mengikuti rumus "cocokologi" alias dicocok-cocokan, warna merah seperti warna darah dan kemudian lagi-lagi dikaitkan dengan negara Kamboja yang pernah berdarah-darah karena perebutan kekuasaan itu.

Rasanya tetap janggal dan kurang pas.

Entahlah. Saya juga bingung kenapa penasaran seperti ini. Mungkin karena saya menyukai keindahan kelopak dan warna bunganya yang cantik itu maka saya bertanya kepada siapapun yang tahu?

Mungkin Anda bisa bantu?

Subscribe to receive free email updates: