Kastengel atau Castangel Keju Stick Sejuta Umat di Meja Tamu Saat Lebaran


Hampir pasti, di setiap meja orang Indonesia yang merayakan Idul Fitri atau Lebaran akan tersedia sebuah penganan berbentuk balok kecil, berwarna kuning kecoklatan, dan ditabur parutan keju di atasnya. Kalau dicicipi, rasanya gurih dan renyah. Kastengel atau Castangel namanya.

Ini adalah penganan sejuta umat, karena hampir di setiap rumah akan tersedia kastengel di dalam toples atau tempat lainnya.

Kue kering ini berasal dari Belanda. Nama aslinya adalah kaasstengels atau batang keju karena "kaas" dalam bahasa negara tersebut berarti Keju. Dalam masyarakat negeri tersebut ukurannya lebih panjang dan bisa mencapai 30 centimeter.

Bukan sebuah hal yang sulit untuk membuat kue kering ini dan juga sebenarnya tidak mahal. Bahan yang diperlukannya adalah tepung terigu, telur, dan keju. Dalam beberapa variasi santan ditambahkan ke dalamnya untuk memperkuat rasa.

Bahan-bahan tersebut diaduk hingga membentuk sebuah adonan yang "kenyal" dan bisa dibentuk. Kemudian, adonan dibentuk dan diiris sesuai dengan keinginan, barulah kemudian dimasukkan ke dalam oven bernyala api kecil supaya matang merata.

Meskipun demikian, pada saat Idul Fitri banyak orang yang lebih suka memesannya dibandingkan membuatnya sendiri. Herannya, kebanyakan membeli bukan dari toko kue atau roti, mereka lebih suka memesannya kepada kenalan, teman, atau saudara yang dianggap mampu membuatnya.

Biasanya pula, Kastengel atau Castangel ini tidak akan habis di Hari Raya tersebut. Biasanya baru habis setelah 1-2 minggu setelahnya, hal itu disebabkan karena semua menyuguhkan hal yang sama. Mungkin Anda akan menikmatinya pada rumah pertama yang dikunjungi, tetapi bayangkan ketika Anda menyambangi 10-20 rumah kawan, pastilah sulit rasanya karena suguhan yang sama.

Itulah mengapa terkadang kastengel baru habis setelah Lebaran lewat, yaitu setelah tidak ada lagi makanan kecil yang tersedia. Bukan karena tidak enak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel