Lirik Mata Penari Bali Yang Tajam Tetapi Sesuai Dengan Irama Lagu Pengiring


Lirik mata penari Bali merupakan salah satu ciri khas yang tak terpisahkan dalam berbagai tarian yang berasal dari Pulau Dewata tersebut.

Meskipun demikian berbea dengan banyak permainan mata yang banyak ditemukan dalam berbagai tarian di Nusantara, terutama yang berasal dari kawasan pantai dan pesisir yang cenderung genit, tari Bali tidak mengandalkan hal tersebut. Gerakan mata yang ditampilkan cendeung bersifat tegas dan tajam dibandingkan mengundang.

Lirik mata penari Bali pun sering tidak mengarah pada gerakan tangan seperti yang banyak dilakukan pada tarian daerah lain. Gerakan mata  tidak jarang mengarah ke atas atau ke bawah dan bukan sekedar memandang ke arah tangan.

Pergerakannya juga cepat dan tidak alon-alon. Mau tidak mau karena dalam tari Bali, mata juga merupakan salah satu bagian yang ikut menari , bukan hanya tangan dan kaki saja. Untuk itu mata penari Bali pun harus mengikuti irama suling atau gamelan yang mengiringinya.


Itulah yang membuat tari Bali terkesan begitu ekspresif karena mata penari pun bergerak lincah kesana kemari sesuai dengan irama lagu pengiring.

Subscribe to receive free email updates: