Patung Tangan Tuhan di Pekarangan Belakang Istana Bogor

Sering tidak disadari ketika orang berkunjung ke sebuah tempat wisata, mereka sebenarnya melihat sesuatu yang sangat bernilai. Mereka hanya menganggap "sesuatu" itu sebagai biasa dan tidak memiliki makna apa-apa.

Contohnya, di Kebun Raya Bogor. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa di dekat Danau Gunting yang menghadap ke arah pekarangan belakang Istana Bogor, terdapat sebuah patung yang bernilai sejarah cukup tinggi. Namanya Patung Tangan Tuhan atau dalam bahasa Inggris disebut dengan The Hand of God.

Bentuknya seperti foto di bawah ini.


Bentuknya seperti orang menengadah dan sedang menerikkan sesuatu ke arah langit.

Patung ini tidak sembarangan karena hanya ada beberapa replika Patung Tangan Tuhan di dunia dan salah satunya di Istana Bogor.

Patung ini adalah karya dari pematung terkenal dunia, Carl Milles (1875-1955), yang merupakan "murid" dari August Rodin (1840-1917). Patung asli karyanya dipajang di Milles Garden, Swedia.


Patung ini merupakan hadiah tanda persahabatan dari Kerajaan Swedia kepada Indonesia di tahun 1950-an. Meskipun demikian, si Tangan Tuhan ini baru dipasang setelah Trikora di tahun 1960-an.

Mengingat usianya dan sejarahnya, patung ini memiliki nilai yang tidak sembarangan.

Sayangnya, banyak pengunjung Kebun Raya Bogor tidak pernah menyadarinya. Mungkin bisa jadi karena mereka belum pernah membaca dan mengetahuinya. Maklum lah sumber informasi di negara ini masih kurang sekali, terutama dalam hal yang berkaitan dengan seni budaya.

Pernah Anda melihat patung ini?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel