Pejalan Kaki Menyeberang di Zebra Cross, Bagaimana Bisa Kalau Begini ...?

Memang, semua orang sepertinya tahu kalau pejalan kaki menyeberang di zebra cross. Harus itu, semua yang ingin hidup tertib dan patuh kepada hukum akan melakukannya.

Bukan sebuah hal yang sulit... seharusnya.

Tetapi, bagaimana bisa menyeberang di zebra cross kalau situasinya seperti foto di bawah ini.


Bagaimana caranya? Ketika zebra crossnya sendiri tertutup oleh para pemotor.

Foto ini diambil di pertigaan Wahid Hasyim yang mengarah ke stasiun Gondangdia sore ini, sebelum artikel ini dibuat. Pemandangan seperti ini adalah sesuatu yang terjadi setiap hari di kawasan tersebut.

Ada atau tidak ada petugas yang mengatur, sama saja. Meski tidak terlihat, sebenarnya ada 2-3 orang petugas dari DLLAJR yang sedang mengatur lalu lintas disana, tetapi tetap saja para pemotor tidak memberikan ruang sama sekali.

Sebenarnya, bukan hanya pemotor yang melakukannya. Kebetulan saja saat foto diambil oleh Samsung Galaxy A6, yang selalu saya bawa, hanya pengguna sepeda motor yang melakukannya. Padahal sering juga pengendara mobil menutupi zebra cross-nya.

Hal yang bisa dilakukan pejalan kaki hanyalah meliak liuk di antara celah sepeda motor, sambil berusaha tetap berada di area bergaris-garis. Meski, tidak jarang juga, terpaksa pejalan kaki harus memutar keluar dari zebra cross karena tidak ada celah sama sekali.

Padahal, sebagai warga yang tahu aturan, banyak pehalan kaki yang sudah mencoba menyesuaikan diri, mengikuti lampu merah, dan menyeberang di zebra cross. Sayangnya, ketidakdisiplinan dan ketidakpedulian para pemotor menghambat usaha kaum pejalan kaki melakukan haknya sesuai dengan aturan.

Nah, mungkin Anda bisa menyarankan pemecahan agar pejalan kaki tetap bisa menyeberang di zebta cross dan sesuai aturan? Jangan katakan bahwa pemotor harus mematuhi aturan karena sudah terbukti kalau anjuran, himbauan sama sekali tidak mempan mengatasi kebebalan mereka.

Silakan saran jika mau.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel