setelah K-Pop dan K-Drama Makanan Kemasan Asal Korea Mulai Mendapat Tempat di Hati Masyarakat Indonesia

setelah K-Pop dan K-Drama Makanan Kemasan Asal Korea Mulai Mendapat Tempat di Hati Masyarakat Indonesia


K-Pop sudah terbukti membuat ribuan (atau ratusan ribu?) remaja tergila-gila melihat wajah-wajah imut ala Korea. K-Drama tidak diragukan lagi membuat banyak ibu-ibu rela berjam-jam di depan layar televisi atau gadget mereka untuk mengikuti cerita-cerita dongeng dengan pemeran yang tidak kalah imut dan cantik dari pemain K-Pop. Berbagai produk negeri Ginseng, Korea, sudah terbukti berhasil melakukan penetrasi pasar di Indonesia dan digemari oleh banyak orang.

Biasanya, kemudian akan diikuti dengan penetrasi di bidang makanan. Hal yang sama pernah terjadi sebelumnya, dimana berbagai produk negara Sakura, Jepang, memasuki Indonesia dengan cara yang hampir sama. J-Drama seperti Totkyo Love Story , kemudian Manga ala Dragon Ball dan anime ala Candy-Candy memasuki pasar Indonesia sebelum kemudian diikuti dengan produk makanan.

Jadi, tentunya bisa diharapkan sebentar lagi, ketertarikan terhadap K-Drama dan K-Pop akan segera diterjemahkan oleh masyarakat Indonesia dalam bentuk keinginan untuk mencoba berbagai hal lain seperti makanan dan budaya-budaya lain asal dari para bintang imut dan cantik yang mereka gemari. Buktinya Korea Selatan (tentunya bukan Korea Utara) menjadi salah satu tujuan wisata yang semakin populer belakangan ini.

Nah, dalam hal makanan, sebenarnya hal itu sudah mulai terlihat. Selain dari makin banyaknya restauran Korea di Indonesia, juga ada satu hal yang menunjukkan penetrasi budaya semacam itu mulai menyentuh akar rumput, alias masyarakat kalangan bawah.

Coba lihat saja Giant Supermarket/Hypermarket, dimana secara khusus mereka menempatkan satu seksi kecil untuk memajang produk-produk makanan kemasan yang berasal dari Korea. Disana terdapat, kebanyakan mie instan Korea yang diimpor dari negeri asalnya. Juga terdapat makanan kecil kemasan seperti biskuit ada di rak-rak tersebut.

Mirip dengan saat dimana produk Jepang mulai menginvasi Indonesia dan kemudian disukai.

Jadi, sepertinya hanya tinggal tunggu waktu saja, sebelum produk makanan Korea akan mendapatkan tempat di masyarakat Indonesia.

Membuat saya berpikir, kapan produk Indonesia bisa seperti itu juga dan merambah negeri orang. Walau kalau soal I-Drama dan I-Popnya, saya ragukan bisa diidolai masyarakat dunia luar, lha banyak orang Indonesia sendiri sudah sebal menonton sinetron Indonesia karena sering tidak masuk akalnya.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar