Udang Dari Ganggang : Palsu Tetapi Mungkin Menjadi Sumber Makanan Di Masa Datang

Udang Dari Ganggang : Palsu Tetapi Mungkin Menjadi Sumber Makanan Di Masa Datang


Siapa yang tidak suka makan udang? Kecuali mereka yang memiliki alergi hidangan laut, tentunya tidak akan pernah mau melewatkan daging kenyal yang rasanya gurih dan berprotein tinggi oleh si bongkok ini.

Tetapi, pernahkah terbayangkan bahwa usaha pertambakan udang pun memiliki dampak yang cukup serius terhadap lingkungan. Ribuan hektar kawasan hutan bakau dan pantai terpaksa berubah fungsi menjadi area pertambakan yang tentunya menghasilkan dampak yang cukup signifikan terhadap lingkungan.

Mungkin suatu waktu jika apa yang dilakukan oleh sebuah perusahaan asal Amerika Serikat berhasil dan bisa diterima oleh masyarakat, hal tersebut bisa dihindari. Pemenuhan protein, rasa lezat udang bisa dihasilkan tanpa menyebabkan efek buruk bagi lingkungan.

Perusahaan bernama New Wave tersebut telah menemukan bahwa "udang" bisa juga dibuat secara sintetis, alias tidak diternakkan seperti di tambak, tetapi melalu proses pengolahan terhadap sejenis ganggang laut.

Udang sintetis ini memiliki rasa, tekstur daging, dan juga protein yag sama dari udang asli yang diambil dari laut atau juga tambak.

Awalnya perusahaan yang bertujuan mencari pengganti dari sirip hiu untuk mencegah perburuan terhadap hewan laut ini, tetapi kemudian memutuskan untuk beralih haluan memprouksi udang sintetis.

Bukan hanya itu, New Wave sudah merencanakan dan melakukan riset untuk memproduksi berbagai daging yang berasal dari satwa laut lainnya, seperti kepiting, lobster dan daging ikan.

Bila usaha mereka berhasil, maka ketergantungan manusia terhadap protein dari satwa laut pun bisa dialihkan sebagian dengan memanfaatkan ganggang laut yang tentunya populasinya lebih banyak dan hampir tak terbatas itu.

Juga, udang sintetis ini merupakan kabar yang menyenangkan bagi para vegan atau vegetarian yang ingin merasakan nikmatnya mengunyah si kenyal bongkok, udang.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar