[Dugaan] Sepertinya Tahun Depan Akan Semakin Banyak Blogger dan Publisher Adsense Yang Menyerah


Cuma dugaan, dan tidak berdasarkan hasil riset yang sahih. Hanya membaca berbagai keluhan yang disampaikan para blogger dan publisher Adsense Indonesia, sepertinya tahun mendatang jumlah blogger dan publisher Adsense akan berkurang.

Bukan tanpa alasan sih.

BPK atau Biaya Per-Klik (CPC - Cost Per Click dalam bahasa Inggrisnya) sepertinya mengecil. Jika tahun lalu dan awal tahun ini masih berkisar antara US$ 0.03 atau 3 cents dollar (sekitar 390 rupiah) per klik, beberapa bulan terakhir sepertinya drop hingga ke angka US$ 0.01 atau 1 cent saja per klik.

Cuma 130 rupiah saja.

Sangat rendah.

Tidak heran beberapa blog yang pernah besar seperti berhenti mengeluarkan artikel baru. Blog-blog tersebut tetap hidup tetapi sejak beberapa bulan lagi tidak ada lagi tulisan baru yang mengisinya. Mungkin karena "biaya produksi" artikel tidak lagi sebanding dengan pendapatan.

Maklum juga beberapa blog tersebut tidak lagi murni blog karena sudah mengundang penulis dari luar. Tentunya para penulis tersebut harus dibayar kan? Dengan pendapatan yang menurun, kekuatan sang pemilik blog juga menurun.

Itu yang sudah tahunan ngeblog. Bagaimana yang pemula? Yah, mereka makin sering misuh-misuh alias marah-marah nggak tentu arah. Khayalan mereka tentang mendapatkan pendapatan berlimpah hanya dengan menulis seperti semakin jauh terbawa angin.

Buyar semua.

Efeknya, semangat mereka pun surut menghadapi situasi yang kecut.

Jadi, kemungkinan besar, tahun depan, jika situasi tetap begini, akan banyak blogger bertumbangan dan mengalihkan perhatian mereka pada sesuatu yang lebih riil. Uang adalah salah satu faktor orang terjun ngeblog belakangan ini, terutama Adsense. Dan dengan outlook yang begitu suram, rasanya hanya sedikit yang masih mau bertahan kalau uang alasannya.

Yang tetap tidak tersentuh oleh situasi ini adalah mereka yang ngeblog demi kesenangan dan memiliki pekerjaan/penghasilan tetap di luar ngeblog. Mau hujan badai turun di dunia Adsense terjadi, mereka akan tetap berjalan dan menikmati kesenangan yang disajikan.

Bagaimana dengan Anda?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel