[KEREN] India Sekarang Punya Tiga Penerbang Pesawat Tempur Wanita

[KEREN] India Sekarang Punya Tiga Penerbang Pesawat Tempur Wanita

Penerbang pesawat tempur adalah satu label yang sudah lama merupakan hegemoni kaum adam. Jarang sekali dijumpai kaum hawa bisa menjalani profesi ini.

Sejarah memang mencatat beberapa nama wanita, seperti Sabija Gokcen dari Turki yang merupakan penerbang tempur pertama yang tercatat di tahun 1936. Kemudian Lilya Litvyak atau Katya Budanova dari Rusia sebagai pilot pesawat tempur wanita, tetapi hal itu terjadi puluhan tahun yang lalu saat dunia dilanda Perang Dunia II.

Sejak saat itu hampir tidak ada wanita yang bisa menjadi penerbang pesawat tempur karena berbagai hal. Kebanyakan karena aturan yang ada memang tidak memperbolehkan kaum wanita menempati posisi di garis depan pertempuran.

Sekarang, dengan semakin setaranya posisi antara pria dan wanita, kesempatan itu terbuka sedikit demi sedikit bagi kaum wanita untuk turut serta dalam hal ini. Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang sudah sering menempatkan kaum wanita di medan pertempuran.

Lalu, bagaimana dengan negara lain?

Beberapa negara sudah melangkah lebih maju. Cina sudah memiliki setidaknya 10 orang penerbang wanita sebagai pilot pesawat tempur mereka. Yang terakhir adalah INDIA.

Negara yang cukup terkenal dengan tradisinya yang ketat dan mempersulit ruang gerak kaum wanitanya sejak tahun 2016 mulai berubah. Mereka mencabut larangan kaum wanita untuk berpartisipasi dalam pertempuran.

Di tahun ini, negara tersebut juga mulai memiliki penerbang pesawat tempur dari kaum hawa. Tiga nama mencatatkan sejarah dalam kedirgantaraan negara tersebut dengan menjadi tiga wanita pertama yang menerbangkan pesawat tempur di Angkatan Udara India. Ketiga nama tersebut adalah Avani Chaturwedi, Bhawana Kanth, dan Mohana Singh.

Ketiganya sedang menjalani tahap kedua pelatihan pilot pesawat tempur di AU India. Ketiga nama tersebut ditargetkan untuk menerbangkan pesawat modern SU-30 Flanker yang merupakan inti dari kekuatan udara India saat ini.

Ini fotonya. (Sumber Foto : The Hindu)



Keren!

Indonesia sendiri sudah memiliki beberapa nama penerbang TNI AU dari kaum hawa. Sayangnya belum ada yang menerbangkan pesawat tempur. Semua masih terbatas pada menerbangkan helikopter atau pesawat angkut saja.

Mungkin, beberapa tahun yang akan datang, kesempatan itu akan hadir di bumi Indonesia ketika wanita bisa menjadi penerbang pesawat tempur.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar