Beginilah Hasil Sampah Kalau Dibuang Sembarangan Ke Sungai

Beginilah Hasil Sampah Kalau Dibuang Sembarangan Ke Sungai

Foto di atas adalah penampakan dari berbagai benda "yang dianggap tidak berguna", sampah yang teronggok di bebatuan sunga Ciliwung di salah satu alirannya di Kota Bogor.

Benda-benda itu tertumpuk di atas bebatuan, menyumbat aloran air, dan tentu saja merusak pemandangan. Sangat tidak sedap melihat hal seperti ini di salah satu kota yang berslogan "BERIMAN", Bersih Indah dan Nyaman.

Sangat tidak enak dipandang dan tentunya mencemari lingkungan.

Bukan salah si sungai karena sungai tidak bisa membersihkan dirinya sendiri. Sungai bukanlah manusia yang bisa membersihkan dan membuang sampah yang ada di dirinya sendiri.

Sungai membutuhkan manusia untuk memunguti sampah-sampah itu.

Repot.

Belum terhitung dampak pencemaran terhadap aliran sungai itu sendiri dimana air menjadi kotor dan tidak bisa dipergunakan untuk minum, mandi, dan mencucui.

Dampaknya banyak sekali bagi kehidupan manusia kalau kebiasaan membuang sampah ke sungai tidak bisa dihentikan. Banyak kerusakan yang diakibatkan dan membawa pengaruh besar bagi kehidupan manusia.

Oleh karena itu, janganlah pernah membuang sampah, dalam bentuk apapun, ke sungai. Ingatlah sungai tidak bisa membersihkan diri sendiri. Ia memerlukan tangan-tangan manusia yang peduli untuk melakukannya.

Dan, hal itu berarti kerepotan bagi kita sebagai umat manusia dan pastinya biaya.

Subscribe to receive free email updates: