Foto Indah Lahir Karena Pemotretnya Bisa Memadukan Berbagai Elemen

Foto Indah Lahir Karena Pemotretnya Bisa Memadukan Berbagai Elemen

Banyak orang berpikir bahwa membuat sebuah foto yang indah itu perlu pergi ke berbagai tempat wisata dan memiliki pemandangan indah. Tidak salah seratus persen, tetapi tidak juga benar.

Fotografi bukanlah sekedar tentang berburu lokasi pemotretan. Bahkan di tempat yang sebenarnya tidak sedap dipandang mata sekalipun kalau fotografernya lihai dan jeli, ia pasti bisa menghasilkan foto yang enak dilihat dan menimbulkan kesan bagi yang melihat.

Hal itu bisa terjadi karena mereka bisa memadukan berbagai elemen yang ada dan digabungkan dengan ide/kreatifitas yang ada di kepalanya.

Beberapa hal yang menjadi elemen-elemen dalam sebuah foto ada beberapa :

1. Elemen Warna

Warna adalah elemen yang berperan penting dalam menghasilkan sebuah foto yang bagus dan menarik. Perpaduan yang salah bisa menyebabkan sebuah foto tidak enak dilihat.

Oleh karena itu, maka sebelum menekan tombol shutte rrelease, ada baiknya seorang pemotret harus memperhatikan perpaduan warna di bidang fotonya, seperti apakah warna merah akan cocok digabungkan dengan warna coklat, atau apakah orange bisa berpadu dengan baik dengan hijau.

Semua itu harus mampu dikombinasikan agar bisa memikat.

2. Elemen Garis

Segala sesuatu di dunia nyata kalau dirubah menjadi dua dimensi, seperti foto akan memiliki elemen garis. Baik itu garis lengkung, lurus, atau bundar.

Pemotret juga harus memperhatikan elemen garis seperti ini karena mata manusia pun sangat menyukai kesimetrisan. Sesuatu yang terkesan kacau atau abstrak akan menjadikan sebuah foto yang kurang sedap dipandang mata.

3. Latar Belakang dan Subyek 

Sebuah foto adalah sebuah cerita yang ingin direkam oleh sang pemotretnya. Untuk itu maka si pemegang kamera harus memperhitungkan perpaduan antara latar belakang, yang menjadi panggung dengan obyeknya, si tokoh utama.

Tidak berbeda dengan adegan di film, pemotret harus bisa memadukan apa yang dilakukan obyek dengan latar belakang/backgroundnya agar ada keharmonisan antara keduanya.

Sebuah foto yang hanya mementingkan salah satunya cenderung sulit untuk tampil memikat.

Itulah berbagai elemen yang harus diperhitungkan saat hendak memotret sesuatu.

Hal itu tidak berarti bahwa pergi ke spot foto yang menarik dan indah tidak penting. Penting juga, kalau memang ada waktu dan biaya karena mendatangi tempat seperti itu menghadirkan "rasa" dalam diri sang pemotret yang bisa menunjang suasana. Biasanya jika hati senang, maka hasil fotonya akan bagus juga.

Tetapi, tanpa itupun sesuatu bisa dibuat menjadi indah kalau sang fotografer kreatif dan mampu memadukan semua elemen penting di atas.

Subscribe to receive free email updates: