Jangan Pernah Lupa Membawa Payung Berwarna Mencolok Saat Berwisata

Jangan Pernah Lupa Membawa Payung Berwarna Mencolok Saat Berwisata

Jangan Pernah Lupa Membawa Payung Berwarna Mencolok Saat Berwisata

Itu sebuah saran dari seorang penggemar fotografi. Payung adalah sebuah benda yang tidak seharusnya ditinggalkan saat pergi melancong kemanapun. Ada banyak fungsi dari benda yang satu ini.

Yang terpenting adalah bisa menjadi pelindung dari hujan dan sengatan sinar matahari. Walau sedang bersenang-senang, terkena hujan dan teriknya matahari tetaplah tidak akan menyenangkan dan bisa menyebabkan kita menjadi sakit.

Fungsi kedua berkaitan dengan potret memotret.

Seringnya lingkungan dimana kita berwisata tidak menyediakan banyak "warna" dan agak monoton, seperti hijau kalau di pegunungan, biru saat di pantai.

Warna-warna yang monoton agak sulit menampilkan keceriaan yang seharusnya ada dalam foto-foto saat berwisata.

Disanalah payung , terutama dengan warna mencolok berperan. Ia memberikan pengimbang sehingga ada kontras dan dynamic range yang cukup. Komposisi warnanya menjadi lebih menarik.

Foto di atas diambil di Kebun Raya Bogor, saat hujan turun. Sebagai kebun botani, lokasinya dipenuhi dan didominasi warna hijau saja. Warna kalem/cool kalau menurut teori fotografi dan akhirnya kesannya menjadi terlalu teduh, kurang ceria.

Kehadiran sebuah payung berwarna orange menyala membuat sebuah gabungan warna yang lebih menyenangkan. Hal itu bisa terjadi karena hijau/cool dan orange/active saling melengkapi.

Warna mencolok itu juga membantu untuk membuat mata yang melihat terfokus pada obyek yang ingin ditampilkan.

Jadi, jangan pernah lupa membawa payung, kalau bisa yang warnanya ngejreng saat berwisata. Banyak gunanya.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar