Pantai Anyer Itu Indah, Sayang Terkadang Tidak Bisa Dinikmati

Pantai Anyer Itu Indah, Sayang Terkadang Tidak Bisa Dinikmati

Semua pantai pada dasarnya indah. Termasuk Pantai Anyer, salah satu lokasi wisata favorit di bagian Barat Pulau Jawa ini. Indah, sudah pasti.

Pantai pasir putihnya, meski bukan pantai satu juta dollar dan seterkenal pantai Kuta Bali, memikat banyak orang. Begitu juga laut birunya yang memikat mata sekali. Deburan ombak yang tidak terlalu kuat meripakan arena bermain air yang sangat menyenangkan.

Sayangnya, bagi saya, seorang penggemar fotografi, Pantai Anyer terkadang sulit dinikmati. Terutama di musim liburan.

Masalahnya, sederhana. Pantai yang merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan lokal, menjadi terlalu ramai. Dimana-mana terlihat kerumunan orang.

Pantai Anyer Itu Indah, Sayang Terkadang Tidak Bisa Dinikmati

Sulit sekali mendapatkan "clean shoot" tanpa kehadiran obyek-obyek pengganggu. Selalu saja ada obyek-obyek yang masuk ke dalam bingkai foto pada saat jari menekan tombol shutter release.

Belum lagi banyaknya sampah yang bertebaran akibat para pelancong disana terlalu malas untuk sekedar berjalan ke tempat sampah.

Rasanya, itu adalah efek negatif dari sebuah ketenaran. Tidak jarang keindahan itu "hilang" akibat para manusianya tidak bisa menjaganya dengan baik.

Mungkin juga, saya datang pada waktu yang salah. Mungkin seharusnya saya datang di saat bukan musim liburan. Mungkin situasinya akan "agak" berbeda", walau mungkin juga sama mengingat banyaknya hotel dan penginapan di sepanjang pantai ini.

Entahlah.

Subscribe to receive free email updates: