Tidak Semua Anak Kecanduan Smartphone atau Ponsel Pintar

Tidak Semua Anak Kecanduan Smartphone atau Ponsel Pintar

Betulkah semua anak kecanduan ponsel pintar atau smartphone? Tidak juga. Foto di atas membuktikan bahwa tidak semua anak di dunia seakan tidak bisa hidup tanpa ponsel pintar berada di tanganya.

Kehidupan saya sebagai seorang blogger dan fotografer jalanan memperlihatkan banyak sekali anak yang tetap bisa bermain lepas dan bebas tanpa sebuah gadget di tangan mereka. Tidak sedikit yang bermain dengan cara dan permainan tradisional.

Seberapa banyak? Ya, banyak sekali. Tidak mungkin bisa dihitung. Meski data menunjukkan bahwa jumlah ponsel di Indonesia melebihi populasinya, tetapi tidak berarti setiap penduduk memegang smartphone di tangannya. Hal itu terjadi karena banyak dari orang Indonesia yang memegang lebih dari 1 buah gadget.

Mayoritas dari mereka yang bisa "lepas" dari ketergantungan terhadap smartphone adalah mereka yang berasal dari kalangan ekonomi lemah. Ketidakmampuan mereka untuk membeli gadget tersebut justru membebaskan mereka dari menyandu.

Entahlah apakah mereka bisa disebut beruntung atau tidak. Beruntung karena mereka bisa hidup bebas lepas dari ketergantungan pada benda seperti itu. Tidak beruntung karena mereka seperti tertinggal dari kemajuan dunia dan teknologi.

Tetapi, yang saya lihat, banyak orang tetap bisa menikmati hidupnya tanpa smartphone, seperti anak-anak dalam foto itu yang tetap ceria mencoba mengail ikan, yang mungkin tidak pernah mereka tangkap.


Subscribe to receive free email updates: